Rabu 01 Aug 2018 06:07 WIB

Menjelang Berangkat, Calon Jamaah Haji Mulai Beli Oleh-Oleh

Perlengkapan haji telah digelar di tengah toko agar memudahkan kostumer.

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah
Toko oleh-oleh haji di Bandung
Foto: Mgrol105
Toko oleh-oleh haji di Bandung

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Seiring dengan keberangkatan para jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci, perlengkapan haji tentunya telah dipersiapkan dengan matang oleh para jamaah. Perjalanan yang akan menjadi momentum bersejarah ini telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari oleh jamaah, baik dari segi biaya, perlengkapan yang dibutuhkan hingga oleh-oleh yang akan dibawa pulang nantinya.

 

Agung, salah seorang karyawan Toko Bursa Sajadah yang menjual berbagai perlengkapan dan oleh-oleh haji mengatakan, calon jamaah haji sejak Ramadhan sudah mulai mengunjungi toko untuk menanyakan perlengkapan haji sembari membeli perlengkapan untuk Idul Fitri. Kemudian setelah Idul Fitri, mereka datang kembali untuk membeli perlengkapan-perlengkapan tersebut.

 

“Toko kita ramai mulai dari setelah Idul Fitri, saat Ramadhan sudah banyak yang mulai nanya-nanya tentang perlengkapan apa yang harus dibeli. Sambil mereka membeli perlengkapan untuk Idul Fitri. Jadi setelah Idul Fitri mereka sudah tahu apa yang harus dibeli, kemudian saat itu toko mulai ramai dengan calon jamaah haji,” kata Agung.

 

Agung menjelaskan, tokonya telah menyediakan pedoman keperluan jamaah haji dan umrah yang berisi daftar kelengkapan haji dan umrah. Ini agar memudahkan jamaah khususnya bagi mereka yang belum paham tentang apa saja yang harus dibawa.

Toko yang berpusat di Jalan Inhoftank, Bandung ini menjual berbagai perlengkapan haji. Mulai dari baju ihram, sepatu ihram, sandal dan berbagai perlengkapan kecil lainnya. Tidak hanya calon jamaah dari dalam kota yang berdatangan tapi banyak juga yang berasal dari luar kota.

 

“Alhamdulillah selama musim haji ini kostumer banyak yang berdatangan dari Bandung dan juga dari luar Bandung. Mereka banyak yang membeli perlengkapan haji dan juga memesan oleh-oleh haji. Agar ketika sampai di Tanah Suci mereka bisa fokus ke ibadahnya saja,” kata Agung.

 

Perlengkapan haji telah digelar di tengah toko agar memudahkan kostumer untuk menemukan barang yang mereka cari. Harga yang ditawarkan toko juga beragam untuk setiap barangnya. Toko yang telah melayani jamaah haji sejak 1999 ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh dan suvenir haji.

 

“Menjelang keberangkatan jamaah ke Tanah Suci seperti saat ini, tetap banyak pelanggan yang berkunjung. Namun pembeli bergeser ke bagian oleh-oleh haji, agar setelah pulang dari Tanah Suci mereka dapat langsung memberikan oleh-oleh tersebut kecuali untuk barang-barang yang tidak ada di Tanah Air,” kata Agung.

 

Berbagai jenis kurma, kue dan kacang-kacangan hingga air zam-zam berbagai ukuran disediakan. Menurut Agung, pasca kepulangan haji, para jamaah juga banyak yang membeli oleh-oleh apabila ada kekurangan.

 

“Tahun lalu setelah haji banyak juga yang membeli oleh-oleh apabila kekurangan. Alhamdulillah dari tahun ke tahun selama musim haji kostumer selalu meningkat. Semoga yang telah berkunjung tetap menjadi pelanggan, semoga yang kita sediakan sesuai dengan kebutuhan dan membuat pelanggan puas, serta memudahkan proses hajinya nanti,” kata Agung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement