Selasa 15 Oct 2013 06:05 WIB

Jamaah Haji Bergerak ke Muzdalifah

Rep: Nur Hasan Murtiaji/ Red: Nidia Zuraya
Jamaah haji di Muzdalifah
Foto: Republika
Jamaah haji di Muzdalifah

REPUBLIKA.CO.ID, ARAFAH -- Setelah menunaikan wukuf di Arafah dari tergelincirnya matahari hingga terbenam pada Senin (14/10), jamaah haji seluruh dunia yang berkumpul di Arafah bergerak menuju Muzdalifah untuk mabit atau bermalam, termasuk jamaah haji Indonesia.

Pantauan Republika, jalanan menuju Muzdalifah dipenuhi bus besar dan minibus jenis coaster (kapasitas 30 orang). Bus terus mengalir keluar masuk dari Arafah ke Muzdalifah dan sebaliknya. Sedangkan, jamaah haji Indonesia telah berkemas-kemas merapikan tas dan perlengkapan lainnya setelah Maghrib, bahkan ada yang diminta bersiap sebelum Maghrib.

Sekretaris Kepala Satuan Operasi Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina) Solihuddin Nasution mengatakan, sebanyak 160 kloter sudah tiba di Muzdalifah pada pukul 21.30 waktu Saudi. Ada 380 kloter jamaah haji Indonesia. "Jadi sudah setengahnya," kata Solihuddin di Arafah, Senin malam.

Menurut Solihuddin, arus jalan menuju Muzdalifah dari Arafah relatif lancar, sehingga pergerakan jamaah menuju Muzdalifah terus mengalir. Bus-bus taradduddi (shuttle bus) juga relatif tak mengalami kemacetan di jalan.

Faktor lainnya, kata Solihuddin, mobil-mobil liar sudah tak ada lagi di kawasan Armina seperti tahun-tahun sebelumnya. Kepolisian Saudi tak mengizinkan masuk kendaraan tak berstiker ke wilayah Armina. Kendaraan liar itu selama ini menjadi biang kemacetan karena parkir sembarangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement