Kamis 17 Oct 2013 12:44 WIB

5.000 Pemuda Saudi Bantu Jamaah Selama Musim Haji

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Heri Ruslan
Jamaah haji setelah melakukan lempar jumrah di Mina
Foto: AFP
Jamaah haji setelah melakukan lempar jumrah di Mina

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Sebanyak lebih dari 5.000 pemuda Arab Saudi yang terampil dari 25 profesi membantu kelancaran pelaksanaan haji tahun ini.

Dewan Institut Pelatihan Teknis dan Kejuruan (TVTC) di Makkah bekerja sama dengan Kementerian Haji memperpanjang dukungan penuh dalam berbagai program pelayanan bagi jamaah. Para pemuda ini di antaranya membantu perawatan Masjid, kebersihan, memperbaiki pendingin udara, memandu jamaah dan memperbaiki kendaraan yang rusak di tempat suci dan jalan menuju Makkah.

Direktur Program TVTC Ahmed bin Abdul Wahab mengatakan tujuan utamanya adalah melayani jamaah haji. Para pemuda diberi pelatihan mendalam yang mencakup semua aspek program yang diluncurkan TVTC bersama dengan berbagai institusi pemerintah.

Abdul Wahab mengatakan ada sejumlah pelayanan yang diberikan pada jamaah, termasuk membentuk komite pelayanan yang terdiri dari para ahli dan spesialis untuk mengawasi partisipasi pemuda. Dia mengatakan partisipasi lebih dari 5.000 pemuda ini menunjukkan keramahan dan keinginan untuk melayani jamaah selama musim haji.

"Para pemuda ini melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik. Mereka juga belajar tentang keterampilan melayani dan tanggung jawab sosial. Pemuda Saudi akan terus melayani secara profesional di semua bidang berdasarkan kemampuan mereka. TVTC sangat bangga akan kesuksesan misi ini," ujar Abdul Wahab, seperti dikutip dari Arab News, Kamis (17/10).

Dia menambahkan pihaknya yakin dan percaya program pelayanan ini akan membuka lowongan pekerjaan bagi pemuda. Hal ini akan membawa perubahan di sektor pelayanan hotel beberapa tahun mendatang. Tahun depan program pelayanan baru akan ditambahkan, yakni penggunaan teknologi canggih di tempat-tempat suci.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement