Ahad 31 Aug 2014 16:28 WIB

Otoritas Kesehatan Makkah Latih Dokter dan Perawat Tangani Mers dan Ebola

Para dokter di Saudi jalani pelatihan pencegahan dan penanganan mers dan ebola selama musim haji.
Foto: Arabnews.com
Para dokter di Saudi jalani pelatihan pencegahan dan penanganan mers dan ebola selama musim haji.

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH -- Otoritas kesehatan di Makkah mulai melatih para dokter dan perawat guna menangani Mers dan Ebola selama musim haji. Fokus dari pelatihan itu merujuk pada manajemen pengendalian infeksi dan tindakan pencegahan yang efektif.

"Sebuah pernyataan bahwa mengenakan masker khusus sangat penting, dan pelatihan ini berlangsung selama perawat dan dokter sesuai dengan standar internasional di Rumah Sakit Umum Hera di Makkah," kata Dr Abdul Salam Noorwali, Direktur Departemen Kesehatan di Mekkah, seperti dilansir Arabnews.com, Ahad (31/8). 

Noorwali mengatakan kementerian menargetkan jamaah haji yang datang harus kembali ke rumah dalam keadaan aman, sehat, dan bebas infeksi. Untuk itu, pihaknya telah mewajibkan penyebaran informasi dugaan gejala kesetiap otoritas kesehatan selama 24 jam.

Sebelumnya, pemerintah Saudi mendatangkan profesor Wataru Kamitani dari Balai Penelitian Mikroba Penyakit (RIMD), Universitas Osaka, Jepang. Kedatangan profesor Wataru tersebut dimaksudkan untuk membahas perkembangan Mers dan penangananya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement