Jumat 05 Sep 2014 19:44 WIB

Sekilas Tentang Makkah Al-Mukarramah

Peta Arab Saudi.
Foto: Wikipedia.org/ca
Peta Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Provinsi Makkah Al-Mukarramah merupakan salah satu wilayah administratif di Kerajaan Arab Saudi yang mencakup beberapa kota di dalamnya. Pusat pemerintahan terletak di Kota Makkah, yang dipimpin oleh Pangeran Khalid Al-Faishal bin Abdul Azis Alu Sa’ud.

Kota Makkah Al-Mukarramah (Ummul Qura) terletak di sebelah barat Kerajaan Arab Saudi. Daerah ini dianggap memiliki struktur geologi yang sangat rumit.

Kota Makkah berada di ketinggian lebih dari 300 meter di atas permukaan laut. Kota ini merupakan kota berpenduduk terbanyak ketiga di Arab Saudi. Luas pemukiman Kota Makkah mencapai sekitar 6,5 hektar.

Jalan utama menuju Makkah dari arah barat yaitu melalui Kota Jeddah sejauh 75 kilometer. Jeddah merupakan pintu gerbang Makkah dari laut maupun udara. Dari arah tenggara, Makkah dibatasi oleh Thaif di atas ketinggian Pegunungan Hijaz yang berjarak sekitar 80 kilometer. Sementara di sebelah utara, terdapat Kota Madinah Al-Munawwarah yang berjarak sekitar 430 kilometer.

Dari aspek geologis, Kota Makkah terletak dalam formasi Perisai Arab yang terbentuk dari bebatuan dasar kuno yang membentuk sebagian pegunungan yang mengelilingi kota. Gunung-gunung ini menutupi sebagian besar Kota Makkah, sisanya ditutupi oleh beberapa lembah.

Umumnya, lembah ini mengikuti pergerakan belahan dan rekahan-rekahan yang terjadi pada Perisai Arab ini selama kurun waktu yang sangat lama pada masa lampau.

Makkah dianggap beriklim transisi, antara pengaruh iklim Laut Tengah dan iklim musim. Di musim panas, wilayah ini dipengaruhi oleh Jabhah Al-Madariyah. Tingkat suhu berbeda dari satu musim ke musim lainnya. Di musim panas suhunya dapat mencapai 48◦ Celcius.

Sedangkan di musim dingin mencapai 18◦ Celcius. Adapun hujan yang turun di Kota Makkah merupakan hujan gurun. Intensitas hujan ini biasanya tidak beraturan, baik volume maupun waktunya. (Atlas Haji & Umrah karya Sami bin Abdullah Al-Maghlouth)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement