Selasa 09 Sep 2014 16:42 WIB

Tips Terhindar Tindak Kejahatan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (2-habis)

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Kedua, jamaah calon haji diimbau tidak menggunakan perhiasan yang memancing orang berbuat jahat. Jamaah disarankan menyimpan barang-barang berharga di safety box yang dititipkan ke maktab. "Jangan menitipkan barang berharga pada orang yang baru dikenal," jelasnya mengingatkan.

Ketiga, jamaah diimbau agar selalu berada dalam rombongan dan tidak memisahkan diri. Kalau tertinggal rombongan, jamaah jangan tampak kebingungan dan panik. Lebih baik menunggu atau menuju pos patroli.

Keempat, jika bepergian, jamaah calon haji sebaiknya memberitahu kepada rekan, suami atau mahram serta mematuhi intruksi tim pengamanan sesuai ketentuan berlaku.

Khusus untuk petugas resmi PPIH yang bertugas di area Masjid Nabawi, Riad menjelaskan, "Sebagai langkah preventif, petugas harus berpakaian lengkap dan sebisa mungkin mengenalkan identitas dan atribut kepada jamaah. Ini penting untuk meningkatkan rasa percaya diri jemaah," jelas Riad.

Petugas haji diimbau agar sering memberikan peringatan kepada jamaah agar meninggalkan barang berharganya di hotel, disimpan di kotak deposit dan dipastikan aman. "Karena kalau pun hilang, pihak hotel akan menggantinya," saran Riad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement