Rabu 10 Sep 2014 18:47 WIB

Calhaj Kloter Pertama Langsung Umrah di Masjidil Haram (1)

Ribuan umat Islam dari seluruh penjuru dunia melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: ANTARA/Kuwadi/ca
Ribuan umat Islam dari seluruh penjuru dunia melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Neni Ridarineni

MAKKAH - Sebanyak 453 calon jamaah haji kloter pertama dari Jakarta merupakan calon jamaah haji (calhaj) dari Indonesia yang pertama kali tiba di Makkah, Selasa (9/9) sekitar pukul 23.57 waktu Makkah.

Mereka mendapat pemondokan di  Sektor G 10 yakni  Hotel Burj Al-Wahdah di Tower Hotel ini rencananya akan diisi sebanyak 5158 jamaah haji.

Para jamaah haji dari Jakarta  tersebut datang menggunakan bus dari Madinah dengan menempuh perjalanan sekitar enam jam.  Sampai di Lobby hotel, para calon jamaah haji menerima sebotol air ukuran 330 mililiter dan sebuah kurma.

 

''Saya senang, bangga bersyukur sekali bisa sampai Makkah. Rasanya seperti mimpi. Alhamdulillah saya sampai di sini,'' kata Sumini sambil menangis haru.

Hal senada dikemukakan Maryana (89 tahun) nenek tertua di kloter pertama ini. ''Alhamdulillah sampai di sini dengan selamat dan sehat,'' ungkap Maryana haru. Ia terpaksa berjalan harus dipapah karena telapak kakinya sakit.

Para cahaj disambut Kepala Daker Makkah Endang Jumali, Wakil Muasssah Zaini Banjar, Ketua Maktab 45 dan yang lain.

Endang Jumali meminta jamaah haji benar-benar menjaga kesehatan dengan baik. Banyak minum air putih karena cuaca di Makkah cukup panas untuk menghindari dehidrasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement