Rabu 24 Sep 2014 14:22 WIB

Lima Masjid Pertahanan dan Pengorbanan Para Sahabat

Masjid Abu Bakar, Madinah.
Foto: go-makkah.com
Masjid Abu Bakar, Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Khamsah terletak di Gunung Sila’, masih di sekitar Madinah. Masjid ini dibangun untuk mengenang dan menghormati jasa pejuang dan syuhada saat Perang Khandak. Perang tersebut terkenal dengan paritnya. Hal itu merupakan ide brilian salah seorang sahabat Rasulullah asal Persia, Salman al Farisi.

Untuk menghormati pengorbanan para sahabat, kaum Muslimin membangun masjid di lokasi yang menjadi tempat pertahanan para sahabat. Mulanya, ada tujuh buah masjid yang dibangun. Oleh karena itu, masjid tersebut dinamakan dengan Masjid Tujuh (Sab’ah), yakni Masjid Salman, Masjid Abu Bakar, Masjid Umar, Masjid Usman, Masjid Ali, Masjid Fatimah, dan Masjid Fatah.

Dari ketujuh masjid tersebut, Masjid Fatah memiliki peran sangat mulia. Sebab, di masjid inilah Nabi SAW memimpin kaum Muslimin dalam menghadapi pasukan Quraisy. 

Menurut HM Iwan Gayo dalam bukunya Buku Pintar Haji dan Umrah, Muhammad Ilyas Abdul Ghani dalam History of Madinah, serta Abdul Halim dan Ikhwan dalam Ensiklopedi Haji dan Umrah, di lokasi ini pula Nabi berdoa selama tiga hari berturut-turut hingga Allah mengabulkan doa beliau untuk membantu pasukan kaum Muslimin. Dalam peperangan ini Allah mengirimkan tentara malaikat yang tak terlihat untuk memorakporandakan pasukan Quraisy.

Junaidi Halim juga menambahkan, dalam Makkah-Madinah dan sekitarnya, masjid-masjid lainnya merupakan tempat pertahanan para sahabat Rasul SAW ketika perang parit berlangsung. Untuk mengenang jasa mereka, dibangunlah masjid-masjid tersebut sebagai monumen penting dan diberi nama sesuai lokasi dan nama sahabat yang menempati tempat pertahanan tersebut.

Namun, karena kepentingan perluasan kawasan kota oleh Pemerintah Arab Saudi, beberapa lokasi masjid terkena gusur sehingga yang tersisa hanya lima buah dan dinamakan pula dengan Masjid Khamsah (Masjid Lima). Masjid yang tergusur, yaitu Masjid Ali dan Masjid Fatimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement