Kamis 09 Oct 2014 16:30 WIB

Tiba di Indonesia, Jamaah Haji Cek Kesehatan Dua Kali

Rep: c72/ Red: Agung Sasongko
Pemeriksaan kesehatan haji
Foto: republika/agung supriyanto
Pemeriksaan kesehatan haji

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Untuk mengantisipasi penyebaran virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Ebola, jamaah haji yang tiba dari tanah suci akan diperiksa kondisi kesehatanya sebanyak dua kali. Pemeriksaan itu dilakukan di Bandar Udara (Bandara) dan debarkasi haji.

"Saat pemberangkatan kemarin jamaah hanya melakukan kesehatan sebanyak satu kali, setelah mereka kembali ke Indonesia jamaah haji harus melakukan kesehatan sebanyak dua kali," ucap Wakil Sekretaris III Bidang Hubungan Masyarakat dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Sugito, Kamis (9/10).

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada jamaah haji yang baru saja meninggalkan tanah suci itu terkena virus yang membahayakan seperti MERS dan ebola. Tim pemeriksa kesehatan akan memeriksa jamaah haji di Bandara Halim Perdana Kusuma dan lingkungan Debarkasi Haji Jakarta Pondok Gede.

"Tim pemeriksa kesehatan di Bandara juga telah mempersiapkan scanner pendeteksi temperatur tubuh, dengan demikian maka penyebaran virus dapat dicegah begitu jamaah selesai melakukan perjalanan dari Tanah Suci," ucap Sugito.

Tim kesehatan yang akan memeriksa jamaah di lingkungan Debarkasi Haji Jakarta Pondok Gede adalah sebanyak 63 orang. Tim itu nantinya akan memastikan bahwa jamaah dinyatakan sehat dan diijinkan untuk segera kembali berkumpul bersama keluarga mereka di rumah masing-masing.

Sugito mengatakan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama DKI akan tiba di Indonesia pada Jumat (10/10) pukul 04.55 WIB. Kloter yang sempat dilepas secara seremonial oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin saat pemberangkatan pada (1/9) itu akan kembali ke Indonesia dengan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia bernomor penerbangan GIA 7401.

"Secara keseluruhan kami telah siap untuk menyambut kedatangan jamaah haji, seluruh persiapan telah kami lakukan seperti penyediaan air zam-zam bagi jamaah haji," ucapnya.

Ia mengatakan setelah jamaah haji tiba di bandara mereka akan transit di Gedung Serba Guna II Asrama Haj Jakarta Pondok Gede. Di gedung itu jamaah akan melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus pembagian koper dan air zam-zam. Setelah itu jamaah dapat langsung kembali berkumpul bersama keluarga mereka di rumah masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement