Jumat 17 Oct 2014 12:13 WIB

Belanja Ala Tanah Abang di Zakfariah (1)

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Suasana Pasar Zakfariah
Foto: antara
Suasana Pasar Zakfariah

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Jamaah haji Indonesia sudah menyelesaikan ibadah haji dan mereka pulang ke Tanah Air mulai 9 Oktober hingga 8 November nanti.

Sebelum ke Tanah Air, banyak jamaah haji yang menyempatkan berbelanja cendera mata khas Tanah Suci ke pusat-pusat perbelanjaan.

Salah satu pusat perbelanjaan yang diserbu oleh jamaah haji Indonesia di Makkah adalah Pasar Zakfariah. Hal ini terlihat dari banyaknya jamaah haji asal Indonesia yang sedang berbelanja seperti yang terlihat pada Rabu (15/10).

Kemana pun pergi, pasti ditemui jamaah asal Tanah Air. Pasar ini disebut-sebut sebagai pengganti Pasar Seng yang dibongkar karena Masjidil Haram sedang dilakukan perluasan.

Pasar Zakfariah terletak sekitar satu kilometer dari Masjidil Haram, sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 30 menit. Selain itu, dari pasar ini juga ada kendaraan taksi, atau mungkin tepatnya angkot karena ongkosnya ditarik per orang. Ongkos dari pasar menuju Masjidil Haram sebesar dua riyal per orang  atau sekitar Rp 6.500.

Suasana pasar ini mirip dengan Pasar Tanah Abang atau Pasar Jatinegara di Jakarta, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sebelum memasuki pasar, di tepi jalan sudah banyak toko-toko.

Di pasar ini banyak ditemui berbagai macam oleh-oleh baik khas Tanah Suci seperti pashmina, pakaian muslim, jilbab, sajadah, ghutra (kain penutup kepala), tasbih. Panganan khas Arab seperti kurma, kacang arab dan lainnya. Bahkan juga mainan dan barang-barang elektronik, jam dan perhiasan.

"Mau cari yang murah-murah untuk oleh-oleh," kata seorang jamaah haji.

Namun sebagian besar barang-barang tersebut adalah barang impor terutama dari Tiongkok. Pemasok lainnya adalah India, Pakistan dan Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement