Kamis 23 Oct 2014 14:54 WIB

Jamaah Haji Gelombang Dua Mulai Pulang ke Tanah Air

Jamaah haji di Bandara Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Jamaah haji di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

Oleh: Zaky Al Hamzah

MADINAH – Jamaah haji gelombang dua mulai tahap pemulangan ke Tanah Air. Jamaah haji gelombang dua mulai diberangkatkan dari Madinah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Rabu (22/10) pagi.

"‎Hari ini mulai pukul 06.30 - 08.00 (waktu Arab Saudi) ada pemulangan tiga kloter diberangkatkan dari Madinah ke Jeddah. Alhamdulillah lancar, nanti sore ada beberapa kloter lagi," kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Madinah, Nasrullah Djasam, kepada Media Center Haji (MCH) di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (22/10).

Jamaah haji yang diberangkatkan ke Jeddah hari ini antara lain dari Kloter 36 dan 37 Embarkasi Solo, serta jamaah haji kloter 11 Embarkasi Ujung Pandang (Makassar).

Sedangkan, Kamis (23/10), sudah ada sejumlah jamaah haji Indonesia dari gelombang kedua yang mulai dipulangkan ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah. "Besok (Kamis), lebih banyak lagi baik melalui (Bandara) Madinah maupun Jeddah," jelasnya.

Untuk melayani jamaah haji, transportasi dari Madinah menuju Jeddah menggunakan bus peningkatan layanan atau bus upgrade. Sementara transportasi bus dari pemondokan/hotel menuju Bandara Madinah masih menggunakan bus standar yang disediakan Naqabah, karena jarak tempuh dari pemondokan/hotel ke bandara hanya sekitar 30-40 menit.

Sementara itu, Kepala Sektor I PPIH Daker Madinah, Alam Agoga, mengatakan, pada Rabu (22/10) pagi ba'da shalat Subuh sudah diberangkatkan dua kloter, yakni Kloter 11 Embarkasi Ujung Pandang dan Kloter 38 Embarkasi Solo.

"Alhamdulilah, proses memberangkatkan dua kloter jamaah haji dari Madinah ke Jeddah berjalan lancar," katanya kepada Republika. Jumlah masing-masing kloter sekitar 450 jamaah haji.

Agar jamaah haji tak ketinggalan saat kepulangan dari Madinah Indonesia melalui Bandara Jeddah, kata dia, pihaknya sudah menginstruksikan kepada jamaah agar mempersiapkan diri di hotel sekitar dua-tiga jam sebelum keberangkatan. Begitu pula dengan bus, sudah siap di dekat hotel sekitar dua jam sebelum keberangkatan menuju Kota Jeddah.

Ratusan jamaah haji dari kedua kloter ini akan istirahat satu malam di sejumlah hotel transito di Jeddah, sebelum keesokan harinya pulang ke Tanah Air lewat Bandara Jeddah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement