Sabtu 25 Oct 2014 20:26 WIB

Masjid-Masjid Bersejarah di Madinah: Masjid Al-Qiblatain

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Al-Qiblatain di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Masjid Al-Qiblatain di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Al-Qiblatain terletak di daerah Bani Salamah di atas bukit kecil Herrat Wabrah di barat laut Madinah.

Secara pasti Masjid Al-Qiblatain berada di Jalan Khalid bin Al-Walid berpapasan dengan Jalan Raya Sulthanah (pusat perdagangan di Madinah). Masjid ini dekat sekali dengan Jalan Raja Abdullah dari arah barat.

Luas masjid mencapai 3.920 meter persegi. Pada bagian atasnya terdapat dua kubah; yang pertama berdiameter delapan meter, dan yang kedua berdiameter tujuh meter. Tinggi masing-masing kubah mencapai 17 meter.

Nama Masjid Al-Qiblatain sesuai dengan riwayat dalam Shahjh Al-Bukhari, dari Al-Barra’ bin Azib bahwa ketika Rasulullah datang ke Madinah, beliau shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan.

Beliau ingin sekali menghadap ke Ka’bah. Untuk itu, Allah menurunkan firman-Nya, “Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi.” (QS. Al-Baqarah: 144).

Beliau pun diperintahkan menghadap Ka’bah. Seorang lelaki shalat Asar bersama beliau. Kemudian lelaki itu keluar dan melihat kaum Anshar sedang shalat. Lelaki itu pun berkata bahwa dia shalat bersama Nabi menghadap Ka’bah. Mendengar itu, mereka yang sedang shalat Asar segera berputar menghadap arah Ka’bah saat rukuk.

Di dalam Sunan An-Nasa’i melalui riwayat Abu Sa’id bin Al-Ma’la disebutkan bahwa shalat yang dilaksanakan saat itu adalah shalat Zhuhur. Sa’id berkata, “Aku dan sahabatku adalah orang pertama yang shalat menghadap Ka’bah.”

Beberapa ahli tafsir menyebutkan bahwa ayat perubahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah diturunkan kepada Rasulullah. Beliau pun shalat Zhuhur di masjid Bani Salamah, dan masjid itu dinamakan Masjid Al-Qiblatain. (Tafsir Ibnu Katsir, surah Al-Baqarah, ayat 144).

sumber : Ensiklopedi Haji dan Umrah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement