Ahad 02 Nov 2014 18:17 WIB

5 November, Semua Jamaah Haji Indonesia Tinggalkan Tanah Suci (1)

Jamaah haji di Tanah Suci.
Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca
Jamaah haji di Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

MADINAH -- Kepulangan seluruh jamaah haji Indonesia di Tanah Suci tinggal menghitung hari. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah menyatakan semua jamaah haji Indonesia dijadwalkan meninggalkan Tanah Air pada 5 November 2014.

"Kepulangan terakhir jamaah haji Indonesia adalah tanggal 5 November," kata Ketua PPIH Daker Madinah, Nasrullah Djasam, kepada Media Center Haji (MCH) di Kantor Misi Haji Indonesia Madinah, Arab Saudi, Ahad (2/11).

Pembimbing ibadah haji PPIH Daker Madina, Abdul Kholiq menambahkan, ada empat amalan yang menjadi kebiasaan jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Air.

Pertama, para jamaah haji membiasakan shalat berjamaah di mushalla atau masjid terdekat atau di kediaman bila tak memungkinkan ke mushalla atau masjid.

Kedua, senang memakmurkan mushalla atau masjid dan amalan ketiga rutin membaca Alquran walaupun hanya satu ayat.

"Sedang amalan keempat mereka berjuang di jalan Allah SWT," pesan Abdul Kholiq, yang juga pegawai Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Sementara itu, jamaah yang meninggal dunia (wafat) di Tanah Suci sebanyak 291 jamaah hingga Ahad (2/11) siang WAS.

Rinciannya jamaah reguler yang wafat sebanyak 274 orang dan 17 orang jamaah haji khusus. Sedangkan, sebanyak 41 jamaah haji masih dirawat di Tanah Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement