Senin 04 May 2015 15:35 WIB

Calon Jamaah Haji Diminta Jangan Remehkan Manasik

 Calon jamaah haji mengikuti proses manasik haji di asrama haji, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (17/3).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Calon jamaah haji mengikuti proses manasik haji di asrama haji, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan bimbingan manasik haji gratis bagi calon haji di kota itu. Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh saat membuka bimbingan manasik haji gratis, di Mataram, Sabtu (2/5), meminta semua calon haji musim haji 2015 mengikuti kegiatan itu dengan disiplin.

 

Bimbingan manasik haji gratis ini, katanya, telah disiapkan oleh pemerintah kota sebagai salah satu kewajiban konstitusioal pemerintah untuk memberikan pelayanan dan menciptakan jamaah haji yang mandiri. "Kegiatan ini tidak mengada-ada. Akan tetapi, ini merupakan kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan, bimbingan dan perlindungan jamaah haji khususnya asal Kota Mataram," ujarnya.

 

Ia mengatakan, manasik haji ini penting, calon haji diminta tidak menganggap remeh kegiatan ini. Apalagi, selama kegiatan manasik, calon haji akan diberikan berbagai pembekalan dan ilmu pengetahuan yang diberikan bermanfaat agar jamaah dapat memahami tetang bebagai rukun, sunah dan wajib haji.

 

"Tujuan utamanya adalah menciptakan haji yang mandiri dan mabrur. Setelah melaksanaan ibadah haji, jamaah haji akan menjadi contoh, panutan dan teladan bagi masyarakat," katanya.

.

Ketua Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Haji Gratis H Hasbah mengatakan, kegiatan manasik haji ini diikuti oleh 441 calon haji di Kota Mataram. "Bimbingan manasik akan dilaksanakan 2-30 Mei 2015, pada empat masjid yang telah ditetapkan per kecamatan," katanya.

 

Menurutnya, dalam bimbingan manasik haji ini, calon haji akan diberikan pengetahuan tentang ibadah haji dan umrah, baik teori maupun praktik. Bimbingan manasik, katanya, akan dilaksanakan sebanyak delapan kali, dengan melibatkan delapan narasumber dan 12 narasumber pendamping.

 

"Pada puncaknya nanti akan dilaksanakan praktik lengkap di Asrama Haji Provinsi NTB pada 30 Mei 2015," katanya.

 

Ia mengatakan, program bimbingan haji gratis ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota Mataram dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram. Hasbah mengatakan, selain memberikan bimbingan mansik haji gratis, pemerintah kota juga memberikan seragam berupa peci/jilbab, baju, celana/rok dan sandal calon haji secara gratis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement