Jumat 31 Jul 2015 19:31 WIB

Menag Imbau Calon Jamaah Haji Terapkan Pola Hidup Sehat

Rep: Ratna Puspita/ Red: Agung Sasongko
Posko Kesehatan Haji
Foto: Republika/Agung Supri
Posko Kesehatan Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbah calon jamaah haji asal Indonesia menerapkan pola hidup sehat selama melakukan ibadah di tanah suci. Ini untuk mengurangi dampak suhu panas yang diperkirakan mencapai 50 derajat celsius ketika penyelenggaraan haji tahun ini.

Lukman menyatakan jamaah perlu menerapkan pola hidup sehat selama melakukan ibadah haji. Dia juga mengingatkan jamaah untuk mengantisipasi dehidrasi dengan cara rajin minum air putih. Calon jamaah haji asal Indonesia diingatkan untuk membawa spray air.

Pemerintah juga sudah mewaspadai cuaca panas di Arab Saudi ketika penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015 dengan menyiapkan petugas yang mampu mengatasi tantangan cuaca. Kemenag juga akan meningkatkan pelayanan di Mina, termasuk menambah jumlah air.

Lukman mencontohkan pemerintah akan meningkatkan kualitas karpet yang terdapat di tenda. "Kita tinggal di hamparan meski berada di dalam tenda. Karpet-karpet yang ada di sekitar tenda akan lebih baik. Ini akan meningkatkan pelayanan," kata dia.

Calon jamaah haji asal Indonesia yang akan melaksanakan ibadah di tanah suci tahun ini sebanyak 168.800 orang, terdiri dari 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 kuota haji khusus. Kloter pertama haji akan berangkat pada 21 Agustus 2015. n ratna puspita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement