Rabu 05 Aug 2015 20:53 WIB

Pemeriksaan Sanitasi Embarkasi Jamaah Selesai Dilakukan

Rep: Maniarti/ Red: Agung Sasongko
Replika Ka’bah dengan ukuran sebenarnya di kawasan terpadu embarkasi haji Sumatera Selatan (Sumsel) sudah selesai dibangun.
Foto: Republika/Maspriel Aries
Replika Ka’bah dengan ukuran sebenarnya di kawasan terpadu embarkasi haji Sumatera Selatan (Sumsel) sudah selesai dibangun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama telah selesai melakukan pemeriksaan sanitasi di setiap embarkasi jamaah haji. Direktur Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Ahda Barori mengatakan, pemeriksaan sanitasi dilakukan dalam dua tahap. Dan keseluruhan tahap tersebut sudah selesai dilakukan pertengahan Juli lalu.

"Embarkasi tahap awal kaitannya dengan pemeriksaan sanitasi. Tapi ini domainnya kemenkes tapi korodinasi dengan kita karena yang punya asrama kan kita," ujar Ahda kepada ROL, Rabu (5/8).

Ia menjelaskan, pemeriksaan sanitasi ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan untuk mengecek kondisi sanitasi secara keseluruhan. Selanjutnya kemenkes akan memberikan rekomendasi apa saja yang perlu diperbaiki dan diberi waktu untuk perbaikan hingga dilakukan pengecekan kembali pada pemeriksaan tahap dua.

Pemeriksaan sanitasi ini dilakukan di seluruh embarkasi jamah haji. Diantaranya Aceh, Medan, Padang, Palembang, Batam, Jakarta, Bekasi, Solo, Makasar, Surbaya, Balikpapan.  Ia melanjutkan, selain menyelesaikan pemeriksaan sanitasi. Keseluruhan hal yang berkaitan dengan persiapan embarkasi juga telah selesai dilakukan.

Diantaranya akomodasi jamah haji saat di embarkasi, tempat untuk pemeriksaan kesehatan jamaah sebelum berangkat, pembagian living cost dan gelang jamaah. Layanan ini termasuk dalam layanan terpadu yang melibatkan imigrasi, kemenkes dan lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement