Rabu 26 Aug 2015 00:53 WIB

Satu Calon Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Hotel

Jamaah haji
Foto: Antara
Jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Chamdanah menjadi jamaah haji asal Tanah Air kedua yang meninggal pada musim haji tahun ini. Pada Senin (23/8), seorang jamaah haji asal Pacitan, Jawa Timur bernama Suparti binti Kasan Somin Kromoharjo (70 tahun) meninggal di Hotel Mawaddah Shofwat Madinah, Arab Saudi.

Wartawan Republika, EH Ismail melaporkan, Suparti yang tergabung dalam kelompok terbang Surabaya 4 (SUB 4) dengan nomor penerbangan SV 5707 baru tiba di Madinah Senin dini hari pukul 03.05 waktu Arab Saudi. Suparti meninggal pada pukul 13.50 WAS saat ingin bersiap menuju Masjid Nabawi untuk melaksanakan arbain. Suparti mengembuskan napas terakhirnya di dalam kamar pemondokannya lantaran lantaran terkena serangan jantung.

Di hotel yang terletak di sektor 2 pemondokan jamaah haji Indonesia tersebut, Suparti tergabung dengan rekan-rekan satu kloternya. Dalam surat kematian yang ditandatangani dokter Kloter SUB 4 dr Fajar Dian Rachmawati, penyebab kematian Suparti akibat hilangnya fungsi jantung secara mendadak (cardiac arrest).

Keadaan ini termasuk gangguan kesehatan yang riskan dan mengenaskan karena dapat menyerang secara tiba-tiba serta terjadi pada usia tua maupun muda. Hilangnya fungsi jantung secara mendadak bisa terjadi pada seseorang dengan ataupun tanpa penyakit jantung sebelumnya.

Suparti disebutkan memiliki penyakit diabetes melitus dan hipertensi. Upaya pertolongan pertama kepada Suparti juga sudah dilakukan, namun nyawa pemegang paspor bernomor B 1024968 tersebut tidak tertolong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement