Kamis 10 Sep 2015 05:36 WIB

Ini Alasan 350 Muslim Uganda Gagal Dapat Visa Haji

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Erik Purnama Putra
Muslim Uganda (ilustrasi).
Foto: Aa.com.tr
Muslim Uganda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA -- Sebanyak 350 Muslim Uganda terancam gagal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan haji tahun ini. Mereka gagal mendapatkan visa dari total 750 Muslim yang direncanakan menjadi jamaah haji Uganda.

"Kami berhasil mendapat visa untuk 400 calon jamaah haji. Kami telah melakukan hal yang bisa kami upayakan untuk 350 orang tersisa namun kami kesulitan menembus deadline yang ditetapkan," ujar Anggota Asosiasi Biro Haji Uganda Sheikh Ahmada Lubega seperti dikutip International Business Times, Rabu (9/9).

Lubega menyatakan, pihaknya sulit mengupayakan visa untuk calon jamaah haji yang tersisa mengingat tenggat waktu yang diberikan Kedutaan Besar Arab Saudi sangat dekat, yakni hingga Rabu (9/9).

Kedubes Arab Saudi di Kampala, Uganda juga menolak permohanan visa haji 40 warga negara asing yang tinggal di Uganda. Pejabat Kedutaan menyampaikan, seluruh imigran yang tinggal di negara Afrika Timur harus mengajukan visa melalui negara asalnya.

Kementerian Luar Negeri Uganda memilih tidak memprotes kebijakan Kedubes Arab Saudi. "Kedubes memiliki hak untuk mengizinkan atau menolak seseorang masuk ke negaranya," ujar Juru Bicara Kemenlu Uganda Sam Omara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement