Ahad 27 Sep 2015 16:22 WIB

Sepuluh Kloter Mulai Pulang Besok

Jamaah Haji
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Puspita dari Tanah Suci

MAKKAH -- Sepuluh kelompok terbang (kloter) dijadwalkan pulang ke Indonesia, Senin (28/9). Jamaah haji dari Kloter JKG 01 Embarkasi Jakarta-Bekasi akan menjadi kelompok pertama yang meninggalkan Makkah.

Kepala Seksi Pelayanan Pemulangan Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Muhammad Ismail Aini mengatakan, jamaah dari Kloter JKG 01 akan terbang ke Tanah Air pukul 08.40 waktu Arab Saudi (WAS). Mereka akan keluar dari Makkah Ahad (27/9) malam.

Sesuai dengan prosedur pemulangan, mereka akan bersiap ke Jeddah sepuluh jam sebelum pesawat lepas landas di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. KLoter JKG 01 harus bersiap pukul 22.40 WIB.

"Kami jadwalkan pukul 22.40 itu mulai mobilisasi mereka turun ke lobi hotel, mengumpulkan tas tentengan, dan berbagai pengecekan lain sebelum ke Jeddah," kata Ismail, Ahad.

Jamaah dari Kloter JKG 01 akan diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, delapan jam sebelum lepas landas. Ismail menyatakan delapan jam itu sesuai estimasi waktu untuk perjalanan, proses adminitrasi, dan imigrasi di Bandara KIng Abdul Aziz Jeddah.

Ismail menerangkan, jamaah akan melakoni dua jam perjalanan dari Makkah ke Jeddah, dua jam menyelesaikan proses administrasi dan pemberian makan. "Empat jam sebelum take off, jamaah harus masuk ke gate," kata dia.

Menurut Ismail, waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke pintu bandara menuju pesawat lebih lama karena antrean di Imigrasi. "Estimasi kami di Imigrasi itu bisa empat jam sebab prosesnya bisa lama," ujar dia.

Jamaah dari Kloter JKG 01 akan terbang ke Tanah Air menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7461 pukul 08.40 WAS. Kloter JKG 01 diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusumah pukul 22.15 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement