Rabu 07 Oct 2015 03:08 WIB

Presiden Mesir: Arab Saudi Berpengalaman Kelola Haji

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.
Foto: Reuters
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi memuji kerajaan Arab Saudi dalam mengorganisir ibadah haji tahunan. Pernyataan itu sekaligus menampik segala kritik kepada Arab terkait jumlah kematian jamaah haji yang tergolong sangat tinggi tahun ini.

Sisi mendukung sepenuhnya Arab dalam pengelolaan ibadah haji. Ia merasa Arab sudah berpengalaman mengelola Haji sejak Ka'bah didirikan."Mesir, Arab dan dunia Muslim punya kepercayaan tinggi kepada servis yang diberikan Arab Saudi kepada jamaah haji," ujarnya seperti dilansir dari Asharq Al-Awsat, Rabu (7/10).

Menurutnya, umat Muslim harus yakin kepada prosedur yang dibuat Arab dalam pelaksanaan Haji. Ia meragukan jika ada negera lain yang sanggup melaksanakan tugas itu."Kalau ada negara lain yang merasa bisa memenuhi tugas pelaksanaan Haji maka mereka tidaklah imparsial," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan data resmi otoritas Arab ada setidaknya 769 jamaah haji yang wafat dan 900 luka-luka pada insiden Mina 204 beberapa waktu lalu. Raja Arab Salman Bin Abdulaziz sudah memerintahkan penyelidikan resmi terhadap tragedi tersebut. Ia pun mengatakan akan meninjau ulang prosedur Haji guna memastikan keselamatan jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement