Senin 19 Oct 2015 15:53 WIB

Gubernur NTT Jemput Jamaah di Surabaya

Rep: Antara/ Red: Andi Nur Aminah
 Sejumlah jamaah haji asal Medan dan Padang Lawas Utara tiba di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/9).
Foto: Antara/Septianda Perdana
Sejumlah jamaah haji asal Medan dan Padang Lawas Utara tiba di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya menunggu kedatangan 518 anggota jamaah haji asal provinsi setempat di Debarkasi Surabaya setelah menunaikan ibadah haji dari Madinah dan Makkah. "Pemulangan jamaah haji asal NTT dari Madinah dan Makkah pada 19 Oktober 2015 sekitar pukul 17.05 WIB yang diterima secara langsung oleh Gubernur Lebu Raya di Bandara Internasional Juanda Surabaya," kata Kabag Agama Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi NTT, H Achmad Gaus, Senin (19/10).

Ia mengatakan kehadiran Gubernur Lebu Raya bersama Ketua DPRD NTT H Anwar Pua Geno dan Komisi V DPRD NTT untuk menyambut jamaah haji asal NTT itu telah dijawalkan jauh sebelumnya. Hal ini juga telah merupakan tradisi kepemimpinan dari daerah itu selama ini dari waktu ke waktu.

Tradisi dimaksud adalah saat pemberangkatan di Embarkasi Surabaya dilepas oleh Wakil Gubernur atau Kakawil Agama NTT. Saat kedatangan melalui Debarkasi Surabaya, dijemput oleh Gubernur dan Forkopimda lainnya.

Selanjutnya, Gaus mengatakan, dari Surabaya sebagai debarkasi untuk jamaah haji asal NTT, Bali, dan Jawa Timur, maka mereka akan langsung menuju ke daerah masing-masing. "Hasil komunikasi dengan Kepala Daerah Kerja Makkah sebagai Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) 1436H/2015 di Arab Saudi, jamaah haji asal NTT kloter 49 telah diberangkatkan secara utuh dari Bandara International King Abdul Aziz di Jeddah Senin pukul 03.00 WIB dan akan tiba di Debarkasi Surabaya pukul 17.05 WIB," katanya.

Sementara kloter 50 yang merupakan gabungan jamaah haji NTT dan Surabaya itu diperkirakan tiba Senin (19/10) pukul 19.25 WIB. Selanjutnya kedua rombongan jamaah akan diantar panitia daerah ke Debarkasi Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke kampung halaman secara terjadwal terhitung Selasa (20/10).

Secara umum, jamaah haji Kota Kupang akan tiba di Bandara El Tari Selasa (20/10)pukul 09.15 WITA. Setelah sebelumnya tiba di Bandara Debarkasi Juanda Surabaya Senin (19/10) sekitar pukul 17.05 Wita.

Setiba di Kupang, mereka akan dijemput di tangga pesawat oleh Wali Kota Kupang dan kepala kantor kementerian agama Kota Kupang besama rombongan. "Kemudian jamaah haii diarahkan naik bus Pemda Kota Kupang menuju asrama haji dan dijemput oleh masing-masing keluarga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement