Sabtu 31 Oct 2015 01:06 WIB

Jumlah Korban Tewas Tragedi Mina Diprediksi Mencapai 2.070 Jiwa

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: Andi Nur Aminah
Para jamaah haji ketika berada di Mina.
Foto: Reuters
Para jamaah haji ketika berada di Mina.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Kantor berita Reuters melaporkan jumlah korban tewas dalam tragedi Mina mencapai 2.070 jiwa. Jumlah tersebut lebih banyak tiga kali lipat dari data yang diumumkan pemerintah Arab Saudi. 

Reuters mendapatkan jumlah korban tewas tersebut berdasarkan data-data yang diberikan negara-negara yang warganya menjadi korban. Selain itu juga melalui otoritas keagamaan serta laporan media lokal asal korban. 

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mengumumkan bahwa jumlah korban tewas sebanyak 769 jiwa. Sedangkan yang luka-luka mencapai 934 jiwa. "Angka tersebut tidak diupdate sejak dua hari setelah kejadian," demikian dituliskan dalam laporan Reuters, Kamis (29/10) malam waktu setempat. 

Kantor berita ini sempat meminta konfirmasi kepada juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengenai jumlah korban tewas berdasarkan hitungan Reuters. Namun, juru bicara tersebut hanya menjawab bahwa komite tingkat tinggi sudah dikerahkan untuk melakukan penyelidikan.  "Semua detail tentang masalah ini akan diumumkan setelah investigasi selesai," kata juru bicara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement