Ahad 21 Aug 2016 16:32 WIB

Toko Cendera Mata Haji Tambah Stok Dagangan

Jamaah haji Indonesia sering kali berbelanja oleh-oleh di Toko Ali Murah di Jeddah.
Foto: Republika/Dewi Mardiani
Jamaah haji Indonesia sering kali berbelanja oleh-oleh di Toko Ali Murah di Jeddah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG — Toko cendera mata haji di Kota Palembang, Sumatra Selatan mulai menambah stok barang dagangan yang biasa dijadikan buah tangan dari Tanah Suci Makkah pada musim haji 2016 ini.

"Masyarakat yang melakukan ibadah haji ketika pulang berupaya membawa cendera mata untuk keluarga dan teman-temannya, namun karena barang bawaannya ketika pulang ke Tanah Air dibatasi sekitar 30 kilogram biasanya kekurangan cendera mata dipenuhi dari toko kami," kata Anita pemilik toko cendera mata haji Lovina di Palembang, Ahad (21/8).

Dia menjelaskan, untuk memenuhi peningkatan permintaan masyarakat, tokonya mulai melakukan pemesanan barang kepada mitra usaha yang ada di Arab Saudi terutama makanan khas negara tersebut seperti kurma, buah tin, dan air zamzam.

"Pada saat proses pemberangkatan jemaah calon haji sekarang ini momentum persiapan penambahan stok, karena setelah proses pemberangkatan berakhir biasanya toko mulai ramai dikunjungi pembeli dari berbagai daerah baik dari Kota Palembang maupun dari beberapa kabupaten dan kota Sumsel lainnya," ujarnya.

Pembeli yang datang ke toko cendera mata ini merupakan saudara atau anak dari jemaah yang melaksanakan ibadah haji tahun 2016 ini. Dia menjelaskan, jamaah haji sering mengalami kesulitan membawa cendera mata untuk keluarga besar, tetangga, dan rekan kerjanya dalam jumlah banyak karena berat barang bawaan dibatasi pihak maskapai penerbangan.

Dengan disediakannya sejumlah barang yang biasa dijadikan cendera mata haji yang didatangkan langsung dari Arab Saudi, jamaah haji tidak perlu repot memikirkan membawa barang cendera mata dalam jumlah banyak ketika akan pulang ke daerah masing-masing.

Dia menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya barang dan makanan yang paling banyak dibeli sebagai cendera mata haji di antaranya sajadah, kopiah, tasbih, kurma, kacang dan air zamzam dalam kemasana botol mini maupun galon ukuran sedang (5 liter).

Semua barang dan makanan yang dijual sebagai cendera mata sama dengan barang yang dibawa langsung oleh para jamaah sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk memberikannya sebagai cendera mata haji karena barang tersebut didatangkan langsung dari Arab Saudi.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement