Selasa 06 Dec 2016 06:21 WIB

Sejarah Madinah dan Keistimewaannya

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
madinah
Foto: taufik rachman
madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madinah, selain Makkah sangat istimewa umat Islam di dunia. Madinah dikenal sebagai tanah Haram (tanah Suci) seperti kota Makkah.

Di kedua kota suci ini dilarang melakukan segala hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, Diantara larangan itu, antara lain tidak diperbolehkannya melakukan perburuan pada binatang, menebang pohon, merusak lingkungan jugaperkelahian apalagi sampai terjadi pertumpahan darah.

Selain itu, kedua kota ini adalah tempat yang paling aman di tempati segala makhluk hidup. Sesuai dengan hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a  :

“sesungguhnya iman itu akan kembali ke Madinag sebagaimana ular kembali ke lubangnya”

Serta hadist lain yang diriwayatkan Abu Hurauirah r.a : Rasul bersabda “Pada jalan-jalan masuk menuju Madinah terdapat para malaikat (yang menjaga) sehingga wabah penyakit dan Dajjal tidak bisa melaluinya”.

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Ziad, Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan kota Makkah sebagai tanah Haram dan berdoa (meminta keberkahan) bagi kota Makkah. Dan aku (Rasulullah) menjadikan kota Madinah sebagai tanah Haram sebagaimana Ibrahim menjadikan Makkah sebagai tanah Haram. Aku mendo’akan barokah atas kota Madinah pada mudnya dan sha’nya seperti doa Ibrahim bagi Makkah”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement