Selasa 06 Dec 2016 06:21 WIB

Sejarah Madinah dan Keistimewaannya

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
madinah
Foto: Republika/Amin Madani
Sudut Kota Madinah mulai lengang setelah ditinggal jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Madinah adalah kota yang disebut dengan Madinah Al-Munawarah yang berarti kota yang bersinar. Kata Madinah merupakan kata benda yang menunjukan tempat yang dibangun peradaban di atasnya.  

Madinah adalah nama yang diberikan Rasulullah setelah hijrah dari Makkah karena sebelum menjadi Madinah, kota ini bernama Yastrib dan nama itu diberikan oleh orang-orang Jahiliyah. Dahulu kota ini dibangun oleh seseorang yang bernama Yastrib dia adalah salah satu keturunan dari Nabi Nuh. Yastrib memimpin sebuah kabilah yang bernama A’bil,

Pada waktu yang bersamaan banyak sekali orang dan kelompok yang berdatangan ke kota Madinah Munawarah, diantaranya bangsa A’maliq yang mendirikan perkebunan dan berhasil menjalankan pembangunan di kota Madinah.

Selain itu, Madinah memiliki beberapa nama yang menunjukan bahwa kota ini memiliki derajat yang sangat tinggi, dalam beberapa penelitian yang dilakukan para sejarawan, nama-nama kota Madinah mencapai seratus nama.

Namun, dalam hadist shahih hanya ditemukan enam nama yaitu, Yatsrib, Al-Madinah dikenal setelah hijrahnya Rasulullah. Thobah atau Tahibah nama ini diberikan Rasulullah karena pada masa itu sudah mulai banyak orang yang mengikuti jejak dan ajaran agama Allah, Ad-Dar dan Iman.

Perubahan nama Yastrib menjadi Madinah dilakukan oleh Rasulullah setelah beliau hijrah dari Makkah ke Yastrib, dan saat itulah langkah awal terbentuknya Daulah Islamiyah pertama di muka bumi ini. persitiwa hijrah ini juga memberikan keterangan atas berdirinya Negara Islam yang dipimpin Rasulullah dengan sistem yang beliau bangun dengan syarat-syarat minimal untuk disebut sebagai negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement