Kamis 15 Dec 2016 14:04 WIB

Keistimewaan Kurma Ajwa

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
Inilah kurma jenis Ajwa yang menjadi incaran jamaah haji untuk oleh-oleh dari Tanah Suci.
Foto: Republika/Dewi Mardiani
Inilah kurma jenis Ajwa yang menjadi incaran jamaah haji untuk oleh-oleh dari Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurma adalah buah yang sangat disukai Rasulullah. Kurma banyak tumbuh di Jazirah Arab.

Selain rasanya manis kurma pun memiliki banyak manfaat. Jama’ah Haji dan Umrah rasanya belum afdal kalau tidak membawa oleh-oleh kurma dari tanah suci.

Ada banyak sekali jenis kurma dari tanah suci, tapi untuk kali ini kita membahas kurma dari Madinah. Madinah terkenal dengan tanahnya yang subur dan banyak terdapat perkebunan kurma. Pohon kurma memiliki 200 jenis diantara sekian banyak jenis, kurma nabi atau Tamar ‘Ajwah memiliki banyak kelebihan dan keutamaan yang pernah di hadistkan Rasulullah.

“Siapa makan tujuh biji tamar ‘Ajwah pada waktu pagi niscaya racun dan sihir tidak akan mengenainya pada hari itu” (diriwayatkan Sa’ad bin Abi Waqqas).

Kurma Ajwa berukuran lebih kecil, dan warnanya lebih hitam dibanding Kurma lainya. Selain itu juga dari kandungan kurma ajwa terdapat sekali zat zat yang sangat di perlukan oleh tubuh. Menurut penelitian para ahli menyebutkan bahwa kurma ajwa banyak mengandung zat besi, potasium kalsium dan masih banyak lagi zat yang di perlukan tubuh untuk menunjang kesehatan.

Selain rasanya yang memang lebih enak, zat yang terkandung didalamnya pun begitu baik sehingga jenis kurma ini lebih populer di banding jenis kurma kurma yang lain.

Kurma ini merupakan kesuakaan Nabi, harganya pun cukup mahal dibanding dengan kurma lainnya, harganya mencapai lima kali lipat dari harga kumra biasa tapi memang rasa dan khasiatnya luar biasa, jadi tidak heran banyak orang yang berburu kurma ini merogoh kocek yang cukup lumayan dengan tujuan mendapatkan fadhilah seperti hadist Rasulullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement