Rabu 04 Jan 2017 06:01 WIB

Menag ke Saudi Upayakan Kuota Haji Normal

Sejumlah jamaah haji tengah memanjatkan doa dan zikir saat wukuf di Arafah, Ahad (11/9). (Republika/ Amin Madani)
Foto: Republika/ Amin Madani
Sejumlah jamaah haji tengah memanjatkan doa dan zikir saat wukuf di Arafah, Ahad (11/9). (Republika/ Amin Madani)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (3/1) terbang menuju Arab Saudi guna memastikan kuota haji Indonesia kembali normal sebagaimana sebelum dipangkas, karena adanya proyek perluasan Masjid al-Haram.

"Insya Allah, hari ini saya akan bertolak ke Jeddah karena besok akan ada penandatanganan MoU," kata Menag di Jakarta.

Dia mengatakan, dalam nota kesepahaman terkait haji itu terdapat butir-butir kesepakatan mengenai kuota haji masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Menurut Menag, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai negara pertama di dunia yang menandatangani nota kesepahaman haji di Arab Saudi.

Kuota haji Indonesia sendiri dipotong sejak beberapa tahun belakangan sebesar 20 persen, akibat ekspansi Masjid al-Haram. Indonesia memiliki kuota haji 168 ribu dengan sementara kuota normalnya adalah 210 ribu anggota jamaah.

Dia mengatakan, pengembalian dan penambahan kuota haji Indonesia akan memberikan dampak besar bagi pelayanan jamaah haji Indonesia.

Implikasi kembalinya kuota, kata dia, bukan hanya akomodasi dan konsumsi, tapi juga petugas haji yang terkait dengan pelayanan jamaah di dalam negeri dan di Saudi.

Minat umat Islam Indonesia untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi, terbukti dari panjangnya daftar tunggu haji di sejumlah daerah mulai dari belasan bahkan sampai puluhan tahun.

Seperti di Jambi, daftar tunggu haji hingga 25 tahun dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan masa tunggu haji hingga 17 tahun. Kementerian Agama mencatat sekitar 3 juta orang masuk dalam atrean daftar tunggu haji tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement