Ahad 15 Jan 2017 12:49 WIB

Malaysia Ingatkan Warganya Hindari Paket Umrah Murah

Banyak travel menawarkan umrah dengan harga cukup murah. Jangan telanjur tergiur sebelum memilih paket umrah dengan harga miring.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Banyak travel menawarkan umrah dengan harga cukup murah. Jangan telanjur tergiur sebelum memilih paket umrah dengan harga miring.

IHRAM.CO.ID, KUCHING -- Calon jamaah umrah yang hendak pergi ke Tanah Suci diminta berhati-hati, terutama terkait perusahaan biro perjalanan yang dipilihnya. Pemerintah Malaysia pun mendesak warganya cermat memilih agen yang berkualitas dan tidak tergiur dengan paket umrah murah di bawah 5.000 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 15 juta.

Peringatan tersebut dilakukan untuk menghindarkan calon jamaah dari penipuan biro travel 'nakal'. Menteri Pekerjaan Datuk Seri Fadillah Yusof mengatakan masyarakat harus menggunakan jasa dari perusahaan perjalanan dan wisata, atau agen perjalanan yang terdaftar dengan Tabung Haji dan Kementerian Pariwisata.

"Masyarakat harus waspada terhadap agen perjalanan menawarkan paket umrah dengan biaya kurang 5.000 Ringgit Malaysia. Sangat disayangkan masih banyak yang masih tertipu oleh agen-agen perjalanan yang tidak bertanggung jawab," ujarnya seperti dikutip dari Bernama, baru-baru ini.

Dia berharap warga Malaysia akan lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih perusahaan perjalanan yang akan dipilihnya untuk beribadah umrah.

Sebelumnya, Asosiasi Agen Tur dan Travel Malaysia (MATTA) telah menyerukan hukuman maksimum kepada perusahaan yang terlibat dalam penipuan paket umrah. Ketua MATTA Datuk Hamzah Rahmat mengatakan dia sangat sedih mendengar masih adanya penipuan yang melibatkan jamaah yang telah membeli paket murah. Beberapa waktu lalu, ada 87 jamaah umrah dari Batu Pahat, Johor, yang terdampar di Arab Saudi dari 26 Desember setelah agen perjalanan mereka gagal mengatur tiket penerbangan kembali ke Malaysia.

"Tidak ada paket haji dan travel murah", kata dia.

Perusahaan yang menawarkan harga kurang dari 4.900 Ringgit Malaysia akan menimbulkan kerugian bagi jamaah, dan saat jamaah menyadarinya, maka itu sudah terlambat. "Misalnya, mereka yang menawarkan paket 3.000 Ringgit Malaysia berpikir akan menyimpan 1.900 Ringgit Malaysia, tetapi mereka mungkin justru akan kehilangan semuanya," kata dia.

Hamzah juga mendesak setiap dermawan yang ingin mensubsidi paket umrah untuk melibatkan MATTA. Hal tersebut bertujuan agar manfaat subsidi benar-benar dirasakan oleh jamaah. Masyarakat pun hendaknya waspada terhadap setiap paket perjalanan diskon, terutama yang berencana melakukan umrah. Masyarakat harus memilih paket umrah atau haji dari agen perjalanan yang telah memiliki lisensi dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement