Kamis 02 Mar 2017 17:04 WIB

Bertemu Raja Salman, Ini Harapan Tiga Tokoh Islam Soal Haji

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
Raja Salman Abin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi memasuki ruangan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Raja Salman Abin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi memasuki ruangan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan pertemuan antara Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dengan sejumlah tokoh Islam di Indonesia membahas sejumlah hal. Kendati demikian, Lukman menjelaskan, dalam pertemuan ini hanya tiga tokoh Islam saja yang dapat menemui Sang Raja Arab meskipun sebanyak 36 tokoh hadir di Istana.

Tiga di antaranya yang bertemu dengan Raja Salman yakni KH Ma'ruf Amin, Yunahar Ilyas, serta habib Muhammad Luthfi dari Pekalongan.

"Waktunya terbatas sehingga tadi bapak Presiden yang langsung memimpin pertemuan itu. Memang membatasi hanya tiga orang saja yang dimungkinkan menyampaikan tanggapan atas apa yang disampaikan Presiden maupun Raja Salman," jelas Lukman di kompleks Istana Presiden, Jakarta usai pertemuan dengan Raja Salman dan para tokoh berlangsung, Kamis (2/3).

Menurut Lukman, para tokoh agama Islam yang hadir menyampaikan rasa syukurnya atas kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Sejumlah harapan kepada Raja Arab Saudi pun disampaikan. Para tokoh agama Islam tersebut berharap agar hubungan kedua negara dapat lebih dikuatkan.

Tak hanya itu, mereka juga berharap agar kualitas pelayanan haji dapat ditingkatkan dengan peningkatan jumlah kuota haji.

"Lalu juga persoalan haji bisa lebih ditingkatkan kualitasnya dan mudah-mudahan Indonesia masih tetap mendapatkan tambahan kuota karena mengingat animo yang cukup besar masyarakat Indonesia untuk ibadah haji," jelas dia.

Menurut Lukman, dalam pertemuan ini memang tidak dilakukan dialog dengan Raja Salman. Kendati demikian, raja menyampaikan rasa senangnya dapat bertemu dengan para tokoh Islam di Indonesia. Semua masukan yang disampaikan kepada Raja Salman pun disebutnya akan menjadi perhatian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement