Senin 06 Mar 2017 16:56 WIB

Saudi Kembangkan Pariwisata di Makkah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Kota Makkah
Kota Makkah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah umrah kini dapat mengunjungi Kota Jeddah, Taif, dan kota-kota lainnya setelah menunaikan ibadah mereka di Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Pengembangan wisata kota-kota di sekitar Makkah dan Madinah menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan pariwisata di Saudi.

Sejumlah pengunjung dari Turki, Indonesia dan Bangladesh sering mengunjungi Jeddah Corniche.  Jamaah asal Bangladesh, Asif Kabir, mengatakan kepada Arab News, bahwa dirinya sangat senang bisa melihat Masjid Rahma yang cukup menakjubkan. Dia terkesan ketika melihat sejumlah jamaah umrah yang juga datang mengunjungi Jeddah, terutama Jeddah Corniche yang terkenal.

Jamaan lain asal Indonesia, Abdul Razak, mengatakan ia menikmati kunjungan ke Saudi saat menjalani umrah. Setelah itu, dia mengunjungi Jeddah setelah dari Madinah dan Makkah.

Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) Saudi mengatakan pengembangan pariwisata di negara tersebut bertujuan memberikan jamaah umrah kesempatan untuk mengunjungi lokasi wisata yang berharga. Hsl ini sekaligus memberikan nilai tambahan kepada jamaah untuk menikmati dimensi sosial, budaya, alam dan ekonomi mereka.

Direktur media umum dan hubungan masyarakat SCTH, Majid Shudi, mengatakan segala kemungkinan akan dilakukan guna meningkatkan pariwisata di Saudi. SCTH baru-baru ini memperkenalkan program khusus untuk jamaah umrah dengan nama Umrah Plus.

Program ini mencakup kegiatan umrah sekaligus kunjungan ke kota lain dari Saudi melalui operator tur berlisensi.

Dia menyebut program dimulai baru-baru ini. Operator tur di Saudi secara bertahap menawarkan paket untuk jamaah. Saat ini, mereka memulai dengan Jeddah, Taif, dan kota-kota di dekat Makkah dan Madinah. Program ini secara bertahap akan memperluas kunjungan kota yang ditawarkan ke jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement