Jamaah Haji Kazakhstan Tahun Ini Lebih Sedikit, Apa Penyebabnya?

Ahad , 19 Mar 2017, 15:55 WIB Reporter :Qommarria Rostanti/ Redaktur : Agus Yulianto
Kabah
Kabah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Sebanyak 2.500 calon jamaah haji asal Kazakhstan diperkirakan akan mengikuti ibadah haji 2017. Hal tersebut disampaikan oleh Konsulat Jenderal Kazakhstan di Jeddah, Arab Saudi, Madiyar Ismailov beberapa waktu lalu.

 

Terkait

Komisi Haji Kazakhstan akan menjadi pusat koordinasi untuk masalah jamaah negara tersebut. Komisi ini nantinya terdiri dari pejabat Otoritas Keagamaan Muftiyat Kazakhstan yang baru dibentuk oleh Kementerian Agama dan Masyarakat Sipil dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa agen perjalanan.

Seperti dilansir dari Arab News, Ismailov menyebut, bahwa jumlah jamaah twhun ini akan lebih sedikit dibandingkan dengan 2016 sebanyak 3.000 orang. Pasalnya tahun ini kendala ekonomi dan keuangan global melanda Kazakhstan.

Dia mencatat, jamaah akan membayar segala sesuatu berkaitan dengan proses haji mereka, seperti tiket pesawat, fasilitas transportasi, akomodasi dan makanan. Delegasi Kazakhstan mengunjungi Saudi pada bulan lalu untuk bertemu dengan pemerintah setempat guna membahas perjalanan jamaah Kazakhstan.

"Delegasi sudah menandatangani perjanjian tahun ini untuk jamaah haji Kazakhstan dan menyampaikan apresiasi atas persiapan yang dibuat oleh Saudi," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini