Kamis 06 Apr 2017 10:05 WIB

Asrama Haji Sudiang Dilengkapi Maket Pesawat Terbang Boeing 777

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) bersama anggota DPR Syamsu Niang (kanan) meninjau fasilitas gedung baru Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/4).
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) bersama anggota DPR Syamsu Niang (kanan) meninjau fasilitas gedung baru Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/4).

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Asrama Haji Sudiang Makasar kini dilengkapi dengan tiga wisma baru. Ketiganya baru saja diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Selain kamar yang representatif dan berpendinging dengan kapasitas 4 orang, toilet yang bersih, serta ruang makan yang besar, Asrama Haji Sudiang juga dilengkapi dengan Maket (Mockup) Pesawat Terbang Boeing 777. Keberadaan maket ini diharapkan dapat menjadi tambahan fasilitas jemaah haji Indonesia untuk lebih memahami sarana transportasi mereka saat berangkat haji.

Direktur Pengelolaan Dana Haji Ramadhan Kharisman saat meninjau lokasi sebelum diresmikan oleh Menag mengatakan, bahwa maket pesawat terbang itu dibuat hasil kerja sama dengan Forum Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dia berharap, keberadaan maket itu bisa menjadi nilai tambah layanan untuk jemaah haji.

Sebab, lanjutnya, asrama haji tidak hanya memberikan fasilitas untuk manasik haji tetapi juga menyediakan mock up pesawat terbang. "Harapannya, ini dapat digunakan sebagai bahan edukasi untuk jemaah sehingga jemaah terbiasa pada saat berada di pesawat terbang karena perjalanan ke tanah suci membutuhkan waktu yang cukup lama," ujarnya di Makassar, belum lama ini.

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil mengatakan, bahwa transformasi asrama haji dilakukan dengan niat agar seluruh jemaah dapat merasakan pelayanan yang nyaman selama berada di Asrama haji. "Jadi fungsi asrama haji adalah tempat menunggu para jemaah sebelum jadwalnya brangkat ke tanah suci dan fasilitas di asrama sudah kita sesuaikan setara dengan hotel bintang 3," ujarnya.

Asrama Haji Sudiang kini dilengkapi dengan tiga wisma baru. Ketiganya adalah Wisma Raodah (104 kamar), Wisma Zam-zam (60 kamar), dan Wisma Bir Ali (48 kamar).

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement