Jumat 21 Apr 2017 16:15 WIB

Masyarakat Jangan Hanya Perhatikan Harga Murah Saat Memilih Travel Umrah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat agar tidak tergiur promosi biro perjalanan haji dan umrah yang menawarkan harga murah jauh di bawah normal. Ketika hendak pergi umrah, masyarakat diminta tidak hanya terpaku pada harga travel tapi juga harus memperhatikan aspek lain.

"Jangan hanya gara-gara mencari murahnya saja tapi keamanan, kenyamanan, keselamatan dan juga harus diperhatikan," ujar Waki Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi kepada Republika.co.id, Jumat (21/4).

Dia yakin, apabila semua aspek diperhitungkan, maka ibadah umrah yang akan dijalani akan lebih berkah dan mendapat balasan pahala ibadah yang melimpah. Zainut sendiri menyayangkan, hingga kini, masih ada saja travel umrah yang bermasalah. Permasalahan tersebut di antaranya jadwal pemberangkatan ke Tanah Suci yang tidak pasti hingga penelantaran jamaah.

Untuk itu, MUI meminta Kementerian Agama segera merespons adanya keluhan dan protes masyarakat terhadap kinerja travel umrah. Kemenag, kata Zainut, bahkan perlu mengambil sikap tegas terhadap travel yang terbukti melakukan pelanggaran dan merugikan calon jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement