Senin 01 May 2017 20:00 WIB

DPR Janji tidak akan Menunda Masalah Haji

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus Yulianto
Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher
Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --Komisi VIII DPR RI tidak akan menunda penyelesaian permasalahan yang terjadi terkait urusan haji Indonesia. Apalagi, semua yang dilakukan demi kepentingan jamaah haji.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher  yang hadir dalam kegiatan muzakarah perhajian nasional di Hotel Lumire, Jumat (28/4) lalu, mengapresiasi semua upaya yang dilakukan Kemenag dalam menyukseskan setiap penyelenggaraan haji selama ini. "Alhamdulillah penyelenggaraan haji setiap tahunnya mengalami peningkatan. Iini harus selalu kita jaga dan tingkatkan baik legislatif maupun pemerintah agar jamaah bisa merasakan kenyamanan dalam menjalankan ibadah haji, " ujar dia.

Ali Taher juga berkomitmen untuk tidak pernah menunda terkait dengan kepentingan Kemenag. Seperti, pengesahan biaya BPIH lebih cepat dibanding tahun sebelumnya dan mengesahkan anggota dewan pengawas BPKH kurang dari 20 hari." Semua ini dilakukan untuk kepentingan jamaah haji," katanya.

Terkait proses seleksi petugas haji yang saat ini sedang berlangsung, Ali berharap, petugas yang terpilih dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya. "Permintaan petugas yang lebih banyak orang baru yang dipilih memang banyak, tetapi memang pertimbangan petugas yang telah berpengalaman tetap menjadi pilihan, " ujar dia.

Ali khawatir akan terjadi masalah jika petugas baru lebih banyak yang dipilih dibandingkan petugas berpengalaman.  Ini karena jamaah haji biasanya baru pertama kali berangkat ke Saudi sehingga awam dengan lingkungannya.

"Petugas haji bertugas membimbing atau mengarahkan jamaah,  nanti bagaimana jika ada jamaah tersesar dan petugas tersebut juga baru,  yang ada bukan menemukan jamaah malah ikut hilang, " ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement