Selasa 16 May 2017 17:20 WIB

UEA Tetapkan Jadwal Imsak Ramadhan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Jadwal Imsakiyah. Ilustrasi
Foto: Republika
Jadwal Imsakiyah. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, DUBAI – Bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah diperkirakan akan dimulai pada 27 Mei dan akan berakhir pada 24 Juni. Seperti dilansir dari Khaleej Times Selasa (16/5), di Uni Emirat Arab (UEA), waktu kerja para karyawan dipangkas dua jam selama Ramadhan.

Pemerintah setempat juga sudah mengeluarkan jadwal Imsak dan shalat lima waktu selama Ramadhan. Jadwal tersbeut dapat diakses melalui situs resmi Otoritas Umum Urusan Agama dan Zakat UEA.

Bulan Ramadhan secara tradisional dimulai dengan penampakan bulan baru. Hal ini menandai dimulainya bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selama periode ini, umat Islam menjauhkan diri dari makanan, minuman, dan kegiatan tertentu lainnya sejak subuh hingga maghrib.

Meski dalam kalender hijriyah Ramadhan selalu hadir di waktu yang sama, namun berbeda halnya dengan kalender masehi. Pasalnya kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, sedangkan kalender masehi menggunakan peredaran matahari.

Biasanya Ramadhan bergerak maju dalam kalender masehi sekitar 11 hari setiap tahunnya. Tanggal bulan Ramadhan di setiap negara kemungkinan berbeda dengan negara lainnya, tergantung apakah bulan telah terlihat atau tidak. Durasi berpuasa antar-negara juga berbeda, tergantung jumlah jam antara matahari terbit dan terbenam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement