Rabu 14 Jun 2017 07:00 WIB

95 Persen Calhaj Depok Sudah Kantongin Paspor

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Calon jamaah haji Kota Depok yang telah memiliki kelengkapan berkas paspor haji sudah mencapai 1.623 orang atau 95 persen dari seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat. "Alhamdulillah, 95 persen calon jamaah sudah selesai mengurus paspor haji mereka. Sisanya yaitu sekitar 85 orang lagi saat ini masih dalam proses penyelesaian," ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Supiyanto, Selasa (13/6).

Menurut Supriyanto, belum lengkapnya dokumen paspor para calon jamaah haji Kota Depok adalah karena adanya pembagian menjadi dua tahap dalam pelunasan pembayaran biaya keberangkatan haji. Untuk tahap pertama pada 10 April sampai 5 Mei 2017, kemudian untuk tahap kedua yaitu tanggal 22 Mei sampai 2 Juni 2017.

"Lalu, yang belum melengkapi dokumen keberangkatannya kebanyakan adalah mereka yang melakukan pelunasan pada tahap kedua," ujarnya.

Supiyanto menuturkan, tahap pertama itu memang dikhususkan untuk mereka yang memang masuk ke dalam porsi tahun 2017 dan belum pernah haji. Kemudian untuk tahap kedua diberikan kepada mereka yang gagal pada pembayaran di tahap satu karena masalah sistem dan sebagainya, mereka yang sudah haji sebelumnya, kemudian untuk mahram yaitu salah satu suami sudah masuk porsi tahun ini dan istri ingin ikut menemani, dan yang terakhir untuk para lansia diatas 75 tahun.

 

"Jadi mereka tidak mengurus lebih awal, karena mereka baru masuk pada pelunasan tahap kedua, sehingga pengurusan paspornya juga terlambat," tuturnya.

Supiyanto berharap, semua calon jamaah haji bisa segera melengkapi kelengkapan berkas keberangkatan hajinya. Karena saat ini, calon jamaah haji sudah masuk tahap pembinaan dan sudah pasti berangkat ke Tanah Suci. "Kami semua berharap mudah-mudahan di akhir bulan Ramadan, seratus persen semuanya sudah memiliki paspor haji," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement