Selasa 18 Jul 2017 14:36 WIB

Kemenag Mataram Berikan Bimbingan Manasik Haji

 Sejumlah calon jamaah haji mengikuti pelatihan manasik haji (Ilustrasi)
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti pelatihan manasik haji (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan bimbingan manasik haji kepada 653 orang calon haji asal Kota Mataram untuk musim haji 2017. Bimbingan manasik haji itu dilaksanakan sebanyak delapan kali di enam kecamatan se-Kota Mataram.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan, calon haji bisa datang ke masjid yang telah disepakati sebagai lokasi pelaksanaan mansik di masing-masing kecamatan asal calon haji. Sebelum pelaksanaan bimbingan manasik di kecamatan ini, kegiatan manasik diawali dengan bimbingan manasik bersama di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center selama dua hari.

"Mulai hari ini, bimbingan manasik haji yang diberikan secara gratis dilaksanakan di masing-masing kecamatan," katanya, Selasa (18/7)

Menurutnya, pemberian bimbingan manasik haji oleh Kemenag merupkan salah satu hak pelayanan calon haji, untuk memberikan pengetahuan tentang rukun wajib dan sunah haji. Selain itu, calon haji juga mendapat berbagai informasi teknis sebelum berangkat, selama berada diperjalanan, di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air.

"Bimbingan manasik haji bertujuan untuk menciptakan jamaah calon haji yang mandiri," katanya. Pelaksanaan bimbingan manasik haji oleh Kemenag memang sengaja dijadwalkan mendekati waktu pemberangkatan, sebagai upaya penyegaran terhadap bimbingan yang sebelumnya telah dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram.

Buhanul mengatakan, sebanyak 653 orang calon haji Kota Mataram tahun ini terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter satu, tujuh dan 10. Kloter satu, katanya, direncanakan akan masuk asrama pada tanggal 11 Agustus dan diberangkatkan 12 Agustus 2017 merupakan kloter utuh Kota Mataram dengan jumlah calon haji 450 orang.

"Sementara kloter tujuh sebanyak 14 orang bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Sumbawa, dan kloter 10 sebanyak 11 orang bergabung dengan jamaah dari Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara," sebutnya.

Untuk persiapan paspor semua jamaah sudah sesuai, dan direncanakan besok (Rabu, 19/7, red) akan dibagikan koper kepada semua calon haji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement