Kamis 27 Jul 2017 12:25 WIB

Jamaah Haji Kloter Pertama Padati Jalan Raya Pondok Gede

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Calon jamaah haji memilih foto hasil jepretan fotografer haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Calon jamaah haji memilih foto hasil jepretan fotografer haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah Haji Kloter Pertama dari Jakarta Barat mulai berdatangan ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (27/7) pagi ini. Kondisi Jalan Raya Pondok Gede pun tampak dipadati oleh rombongan jamaah haji yang menggunakan mobil.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id pada pukul 08.20 WIB, di belakang mobil-mobil jamaah haji tersebut tampak ditandai kertas bertuliskan rombongan haji kloter satu Jakarta Barat. Mobil rombongan tersebut berangsur-angsur melewati Jalan Raya Pondok Gede mulai dari lampu merah Taman Mini Square hingga ke Asrama Haji Pondok Gede.

Di lampu merah Taman Mini Square, tampak beberapa petugas kepolisian dan juga petugas dari Dishub Jakarta mengatur lalu lintas. Namun, kemacetan tak dapat dihindarkan.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kawnil Kemenag DKI, Sadirin mengatakan bahwa embarkasi Jakarta Pondok Gede sudah siap memberangkatkan jamaah haji kloter pertama dari Jakarta Barat. Sebanyak 393 jamaah haji dari Jakarta Barat tersebut nantinya akan ditampung dulu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Kamis (27/7) hari.

Untuk persiapan peberangkatan kloter satu kami sudah rapat, baik di emberkasi maupun di pusat. Insyaallah kloter satu dari Jakarta Barat. Ini yang mereka akan masuk Kamis pagi, ujar Sadirin kepada Republika.co.id.

Menurut dia, ratusan jamaah tersebut akan menginap dulu selama satu malam di Asrama Haji Pondok Gede untuk melakukan persiapan pemberangkatan. Setelah jamaah beristirahat, pihaknya akan membangunkan pada Jumat (28/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Setelah itu, jamaah akan akan dilepas secara simbolis dalam upacara yang akan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Upara akan dilakukan mulai pukul 03.00 dini hari hingga pukul 06.00 WIB. Setelah itu, jamaah akan ke Bandara Halim Perdana Kusuma untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement