Kamis 27 Jul 2017 18:04 WIB

388 Calon Haji Medan Diberangkatkan ke Tanah Suci Besok

Rep: Issha Harruma/ Red: Ratna Puspita
Sejumlah calon jamaah haji kloter satu melakukan pengecekan passport sebelum bersiap untuk berangkat ke tanah suci di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (27/7).
Foto: Mahmud Muhyidin
Sejumlah calon jamaah haji kloter satu melakukan pengecekan passport sebelum bersiap untuk berangkat ke tanah suci di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (27/7).

IHRAM.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 388 calon jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu embarkasi Medan masuk ke Asrama Haji Medan, Kamis (27/7) pagi. Mereka akan diberangkatkan ke tanah suci, Jumat (28/7) besok.

Humas Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Imam, mengatakan, jamaah kloter pertama akan diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, besok pukul 07.40 WIB. 

"Kloter satu embarkasi Medan ini dijadwalkan tiba di Jeddah pada pukul 11.30 waktu Jeddah dan akan pulang kembali ke tanah air pada 6 September 2017," kata Imam, Kamis (27/7).

Imam mengatakan, 388 calon jemaah haji yang berasal dari Medan ini tergabung dalam dua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), yakni KBIH Pemprov Sumut dan KBIH Pemkot Medan. Terdapat lima petugas yang ikut mendampingi para calon jamaah tersebut. Lihat juga videonya: Mekanisme Pemberangkatan Haji

Wakil Kepala Bidang Kesehatan Haji pada PPIH Embarkasi Medan Aulianto mengatakan, setelah masuk asrama, para jamaah calon haji akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Di antaranya, pemeriksaan tekanan dan kadar gula darah, tes kehamilan untuk calon jamaah perempuan berusia subur dan tes psikologi untuk calon jamaah haji berusia lanjut.

Menurut Aulianto, serangkaian pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan para calon jemaah layak terbang. "Bagi yang tidak layak akan kami rujuk ke rumah sakit dan keberangkatannya kami tunda sementara. Sementara calon jemaah yang hamil, terpaksa kita batalkan keberangkatannya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement