Kamis 27 Jul 2017 22:50 WIB

PAN Tolak Dana Haji Digunakan untuk Infrastruktur

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Yandri Susanto.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Yandri Susanto.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto, mempertanyakan rencana pemerintah yang akan menggunakan dana awal haji untuk digunakan di luar yang tidak berkaitan dengan kepentingan haji. Termasuk rencana pemerintah yang akan menggunakan dana awal haji untuk pembangunan infrastruktur.

''Kita akan menolak kalau dana haji akan digunakan untuk yang lain. Termasuk yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur,'' kata Yandri saat Sidang Paripurna DPR, Kamis (27/7).

Alasannya, Yandri menambahkan, dana haji adalah dana umat Islam, sehingga sebaiknya Pemerintah melibatkan DPR dan ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah, Nahdatu Ulama (NU), Persis dan lainnya.  Pemerintah harus mengajak ormas-ormas Islam untuk membicarakan dana haji ini.

''Jangan main pakai saja tanpa mengajak ormas-ormas Islam dan DPR dalam menggunakannya,'' ujarnya.

Yandri juga meminta agar postur APBN lebih berpihak pada kepentingan pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat. Dirinya prihatin dengan kondisi sarana pendidikan umat yang kondisinya sangat memprihatinkan.

''Misalnya sarana dan pra sarana madrasah kita. Termasuk ekonomi umat yang juga masih sangat memprihatinkan,'' ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement