Jumat 28 Jul 2017 18:28 WIB

Menkes Imbau Jamaah Haji Utamakan Kebersihan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Bakteri kolera.
Foto: Prezi
Bakteri kolera.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengingatkan, agar calon jamaah haji mengutamakan kebersihan saat melaksanakan ibadah haji. Sebab, menurut Nila, penyakit kolera tengah menjangkit di Makkah.

"Satu saya minta kebersihan terus terang saja. Karena kolera lagi berjangkit di daerah sana. Itu kan sebenarnya kebersihan. Cuci tangan sebelum makan atau menyentuh barang.Pokoknya sering-sering cuci tangan. Saya minta betul kepada jamaah haji," ujar Nila di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/7).

Nila menyampaikan, penyakit kolera merupakan penyakit yang berbahaya lantaran dapat menyebabkan kematian para korban yang menderitanya. Karena itu, dia meminta, agar para calon jamaah hajiuntuk menjaga kebersihan dan kesehatan, serta beristirahat secara cukup. "Karena kolera itu bagi orangtua itu riskan itu. Diare dan maaf bisa sampai kematian," kata dia.

Dikatakan Nila, Kemenkes telah berkoordinasi dengan lintas kementerian terkait penyelenggaraan haji Indonesia. Monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan haji di Makkah, kata dia, selalu dilakukan seperti pengawasan terhadap akomodasi tenda dan jugakatering para jamaah.

"Sebelum haji kami kan selalu ke sana kan menilai semua baik katering, akomodasi, tenda, termasuk tendanya baru diperbaiki. Kemudian kami minta air cooller, kecil tapi itu penting. Kebersihan dan sebagainya. Kami lihat akomodasinya kayak apa dan balai kesehatannya," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement