Sabtu 29 Jul 2017 18:26 WIB

Pemberangkatan Jamaah Haji tak Lagi dari Halim Perdanakusuma

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Foto: ROL/Fakhtar Lubis
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memutuskan mengalihkan penerbangan jamaah haji ke Bandara Soekarno-Hatta untuk seterusnya. Hal itu akibat kejadian mengelupasnya aspal di landasan pacu Lanud Halim Perdanakusumah. "Kami memutuskan mulai hari ini, mungkin sampai seterusnya, penerbangan haji hanya akan menggunakan Bandara Soekarno-Hatta," kata dia di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (29/7).

Aspal di runway atau landasan pacu Lanud Halim terkelupas setelah pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777 yang ditumpangi jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama lepas landas pada Jumat (28/7). Kerusakan itu membuat jadwal penerbangan lainnya sempat terganggu.

Menurut Budi, landasan pacu di Lanud Halim sebenarnya cukup memadai untuk pesawat berbadan besar seperti Boeing 777. Namun, Budi mengklaim, kejadian itu diduga akibat adanya kandungan air berlebih di antara lapisan atas dan menengah sehingga aspal menjadi rawan terkelupas.

Budi menyebut, semua jenis pesawat Boeing 777 untuk sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan tidak diizinkan lepas landas atau mendarat di Bandara Halim. Penerbangan pesawat berbadan lebar itu akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. "Karena roda pesawat Boeing 777 lebih sedikit sehingga tumpuan per satuan titik lebih tinggi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement