Ahad 30 Jul 2017 15:43 WIB

Saudi Wajibkan Calhaj Didampingi Mahram

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Haji
Foto: AP Photo
Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sejumlah perusahaan layanan haji jamaah domestik Saudi mewajibkan calhaj perempuan didampingi mahramnya. Ini tertuang dalam persyaratan saat akan melakukan registrasi melalui e-portal.

 

Jamaah haji domestik bisa mendaftar perjalanan melalui layanan online ini sejak Senin lalu. Lalu lintas portal sangat padat sehingga sempat mengalami gangguan. Paket yang ditawarkan diklaim murah dan terjangkau.

 

Anggota Eksekutif Dewan Perdagangan dan Industri Mekkah, Saad Al-Qurashi mengatakan persyaratan mahram tidak diberlakukan semua perusahaan. "Tidak semua perusahaan menerapkannya, hanya beberapa sehingga tidak menghambat," kata dia dikutip Saudi Gazette, Sabtu (29/7).

 

Al-Qurashi mengatakan meski murah dan terjangkau, hanya 20 persen jamaah yang mendaftar untuk paket ini. Sebagian besar tetap memilih layanan yang cukup mahal karena fasilitas yang lebih baik.

 

Pendaftaran melalui layanan online pun cukup sederhana dan mudah diikuti. Ada video tutorial di YouTube untuk lebih membantu pengguna. "Mereka memilih tipe program yang diinginkan, isi formulir termasuk alamat, pembayaran dan identitas lainnya," kata Al-Qurashi.

 

Harga tertinggi untuk pelaksanaan haji domestik per orang adalah 3.733 dolar AS atau sekitar Rp. 45 juta dan terendah adalah 933 dolar AS atau Rp. 12 juta.

 

Situs tersebut merinci akomodasi yang diterima jamaah, seperti akomodasi di Mina, makanan yang diberikan hingga transportasi ke beragam situs suci. Paket juga menawarkan layanan perjalanan dengan kereta dari berbagai tempat.

 

Paket pertama yang ditawarkan adalah paket dasar. Harganya bervariasi mulai dari 919 dolar AS hingga 1.279 dolar AS. Paket ini hanya menyediakan akomodasi berupa tenda di Mina dan transportasi, termasuk kereta dan mobil.

 

Paket lainnya adalah paket termahal berkisar antara 1.735 dolar AS hingga 3.174 dolar AS. Paket ini merupakan peningkatan paket dasar untuk makanan dan akomodasi di Mina, disertai pilihan transportasi melalui udara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement