Jamaah Calhaj Lampung Kloter Pertama Terbang ke Madinah

Senin , 31 Jul 2017, 08:18 WIB Reporter :Mursalin Yasland/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
 Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)
Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Provinsi Lampung melepas 393 Calon Jemaah Haji (CJH) Lampung untuk diberangkatkan ke Arab Saudi  melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta, pada Senin (31/7) pukul 13. 35 WIB.  Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono melepas jamaah kloter pertama asal Lampung tersebut di aula Asrama Haji Rajabasa Kota Bandar Lampung pada Ahad (30/7) malam.

 

Terkait

Pemberangkatan kloter pertama berjumlah 393 jamaah terdiri dari 388 jamaah berasal dari Kloter 6  Kabupaten Lampung Tengah dan didampingi lima orang petugas haji.  Sekdaprov Lampung Sutono seusai melepas jamaah berpesan jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan, disiplin, menjaga tata tertib dan sopan santun selama beribadah di tanah suci. Ia juga berpesan kepada para petugas agar dapat melakukan tugasnya dengan penuh amanah dan keikhlasan serta tanggung jawab. 

"Kami berpesan agar para jamaah menjaga kesehatannya, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar hingga pulang kembali ke tanah air dan menjadi haji mabrur," katanya.

Ia berharap tahun ini merupakan tahun terakhir Provinsi Lampung menjadi embarkasi haji antara. "Pemerintah Provinsi Lampung bersama kanwil kemenag dan kepala Bandara telah berupaya sekuat tenaga untuk mempersiapkan embarkasi haji penuh. Mohon doa dari para jamaah, Insya Allah tahun depan Bandara Radin Inten II dapat digunakan sebagai Bandara Embarkasi Debarkasi Penuh," ucapnya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung M. Suhaili mengatakan, kuota jamaah haji Provinsi Lampung Tahun 1438H/2017 mengalami kenaikan signifikan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 5.081 orang menjadi 7.164 orang. 

"Pemberangkatan jamaah calhaj sendiri terbagi menjadi 19 kloter dengan pemberangkatan kloter terakhir dijadwalkan pada 24 Agustus 2017," ujarnya. 

Untuk proses pemulangan kloter pertama Provinsi Lampung dijadwalkan dipulangkan dari Arab Saudi pada 10 September 2017 dan kloter terakhir dijadwalkan pulang pada 5 Oktober 2017. 

Untuk jamaah calhaj Lampung Tahun 2017/1438H ini, jamaah tertua berasal dari Kloter 49 atas nama Kholil Abu Zihab dari daerah Pematang Tahalo Kabupaten Lampung Timur yang berusia 101 Tahun. Dan untuk jamaah termuda yakni Abubakar Wiragama dari kloter 56 berasal dari Kemiling Bandar Lampung berusia 18 Tahun.  Jumlah CJH yang batal berangkat dikarenakan sakit sebanyak empat orang dan meninggal dunia seorang jamaah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini