Masalah Visa 11 Calhaj Temanggung Masih Diurus

Selasa , 01 Aug 2017, 18:40 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Ilham Tirta
Pengurusan visa jamaah calon haji. (ilustrasi).
Pengurusan visa jamaah calon haji. (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, BOYOLALI -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo tengah menangani permasalahan 11 calon jamaah haji asal Kabupaten Temanggung yang hingga kini belum mendapat visa. Kepala Humas PPIH Badrus Salam mengatakan, PPIH Embarkasi Solo telah mengutus petugas untuk meminta kejelasan pada Kedutaan Besar Arab Saudi terkait 11 visa calhaj asal Temanggung.

 

Terkait

"Kami beri tugas untuk memberikan informasi (terkait visa) dan mengambilnya jika 11 visa itu sudah jadi," kata Badrus di Embarkasi Haji Donihudan, Selasa (1/8).

Dia mengungkapkan, PPIH Embarkasi Haji pun terus melakukan komunikasi dengan panitia haji daerah Kabupaten Temanggung untuk memberikan pemahamaan kepada jamaah. Hingga saat ini, belum ada kejelasan penyebab terkendalanya 11 visa calhaj asal Temanggung.

Diketahui, kloter 14 yakni calhaj dari Temanggung awalnya berjumlah 355 orang. Namun, jumlah tersebut berkurang setelah 11 orang jamaah belum mendapat visa, 8 jamaah lainnya memutuskan menunda keberangkatan lantaran keluarganya belum mendapat visa. Untuk memenuhi kekosongan kursi pesawat, petugas pun memutasikan sebanyak 7 calhaj dari kloter 61 dan kloyer 62 yang juga berasal dari Temanggung.

Pada Selasa (1/8) pagi, Kloter 14 pun berangkat ke tanah suci dengan total calhaj 344 dan petugas pendamping seebanyak 5 orang. "Kalau visa 11 calhaj sudah jadi kami akan membawa 18 jamaah yang tertunda itu ke embarkasi untuk diterbangkan dengan Kloter yang terdekat," katanya.

Badrus tak bisa memastikan kapan visa tersebut segera selesai sehingga jamaah bisa cepat diberangkatkan. Menurutnya, hal tersebut berdaampak pada pemberangkatan selanjutnya.

Sementara itu, TPHD Kabupaten Temanggung, Munsiri juga berharap visa 11 calhaj Temenggung bisa segera selesai. Dia mengatakan, hingga kemarin sore, TPHD masih menunggu selesainya permasalaham visa tersebut.

"Sampai kemarin sore kami tunggu, ternyata belum juga. Andaikan kemarin sore sudah jadi, tentu kami akan menjemput jamaah ke Temanggung," katanya.

Sementara itu, pada Selasa (1/8), terdapat 3 Kloter haji yang berangkat dari Embarkasi haji Donohudan. Di antaranya, Kloter 14 dari Kabupaten Temanggung, Kloter 15 dari Kabupaten Wonosobo dan Kloter 16 dari Kabupaten Semarang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini