Ahad 06 Aug 2017 13:46 WIB

Hari Ini 9 Kloter Berangkat dari Madinah Menuju Makkah

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Maman Sudiaman
Bus jamaah haji Indonesia yang mengantar jamaah dari Madinah menuju Makkah.
Foto: Istimewa/Media Center Haji
Bus jamaah haji Indonesia yang mengantar jamaah dari Madinah menuju Makkah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Sebanyak sembilan kloter diberangkatkan hari ini dari Madinah Al Munawwarah menuju ke Makkah, Ahad (6/8).

Kesembilan embarkasi tersebut adalah JKG 01, SOC 01, SOC 02, SUB 02 dan SUB 03 yang berangkat pukul 07.00 waktu Arab Saudi. Kemudian, PDG 01, SUB 01, JKS 02 dan UPG 01 berangkat pada pukul 09.00.

Jamaah yang telah mengenakan kain ihram berangkat menuju Bir Ali untuk berniat umrah setelah melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi. Pendorongan jamaah menuju Makkah dimulai kemarin, Sabtu (5/8).

Hanya ada satu kloter sebanyak 387 jamaah yang berangkat, yakni MES 01 (Medan) pada pukul 17.00. Mereka dilepas oleh Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Kepala Daerah Kerja Madinah Amin Handoyo, dan perwakilan muassasah (penyelenggara haji Arab Saudi)..

Di Bir Ali, satu dari sembilan bus sempat terhambat keberangkatannya karena paspor jamaah tertukar dengan jamaah di bus lain. Petugas, termasuk Kepala Sektor Bir Ali Sahbuddin mondar-mandir mengecek. Ternyata paspor jamaah di bus 5 tertukar dengan jamaah di bus 8. Bus 5 pun diberangkatkan 20 menit setelah bus-bus lain berangkat.

Sahbuddin berharap pemberangkatan jamaah ke Makkah lancar. "Alhamdulillah sudah mengawali tugas dengan MES 01. Besok dari pagi sampai pukul 18.00 keberangkatan dengan pemondokan dengan lima titik, yaitu penerimaan, hamam masuk, masjid, parkir belakang dan pemberangkatan di belakang dengan jumlah 15 orang," katanya kepada wartawan, Sabtu (5/8).

Sahbuddin mengatakan selalu mengingatkan kepada jamaah agar pakaian ihram yang dikenakan telah sesuai ketentuan, yakni dua lembar kain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement