Senin 21 Aug 2017 11:53 WIB

Sapa Jamaah, Ini Pesan Menag Hadapi Puncak Haji

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyapa jamaah haji Indonesia di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Ahad (20/8)
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Menag Lukman Hakim Saifuddin menyapa jamaah haji Indonesia di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Ahad (20/8)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH— Menteri Agama yang juga Amir al-Hajj (baca Amirul Hajj) Lukman Hakim Saifuddin memberikan sejumlah pesan ke jamaah haji Indonesia setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Ahad (20/8) malam). 

Amirul Hajj beserta rombongan menyapa jamaah haji asal Embarkasi Jakarta (JKG 47) yang berada di Plasa B, Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.  

Kedatangan Menag disambut Duta Besar RI, Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin. Turut mendampingi, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Prof Nizar Ali, Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji, Khoirizi HD, Kepala Biro Humas Kemenag, Mastuki, Ketua PPIH Ahmad Dumyathi Basori dan Kadaker Bandara, Arysad Hidayat. 

Dalam kesempatan tersebut,  Menag Lukman meminta jamaah haji selalu displin dengan kententuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi maupun Pemerintah Indonesia. Terutama soal aturan jam melempar jumrah yang telah ditetapkan.

Jamaah haji juga harus selalu berkoordinasi kepada petugas haji bila menemukan kendala-kendala terkait ibadah maupun terkait permasalahan lain. Tahun ini adalah tahun terbanyak jumlah jamaah haji dari seluruh negara. Jumlahnya mencapai 2,1 juta jamaah haji. “Untuk jamaah Indonesia tetap disiplin dan selalu berkoordinasi dengan petugas," katanya di Jeddah, Ahad (20/malam), seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, Nashih Nashrullah, dari Jeddah, Arab Saudi 

Menag Lukman juga meminta kepada jamaah menjaga kesehatan. Dengan suhu panas yang dapat mencapai 50 derajat saat puncak haji, diharapkan jamaah banyak minum air putih. “Saat berpergian, jamaah diharapkan selalu bersama kelompoknya dan tidak berpergian sendiri,” kata dia. 

Dia mengingatkan jika hendak bepergian, bersama-sama dengan kelompok jangan sendirian. Ini dilakukan untuk memudahkan koordinasi. Jamaah harus menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Ini melihat cuaca panas yang bisa mencapai 48 derajat dan estimasi bisa sampai 50 derajat. “Jangan lupa perbanyak minum air mineral,” tutur dia. 

 

  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement