Rabu 06 Sep 2017 09:20 WIB

Dirjen PHU Minta Kemabruran Haji Tetap Dijaga

Rep: Fuji EP/ Red: Endro Yuwanto
 Suasana saat jamaah haji Indonesia akan melontar jumrah Aqabah, Jumat (1/9)
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Suasana saat jamaah haji Indonesia akan melontar jumrah Aqabah, Jumat (1/9)

IHRAM.CO.ID,

JAKARTA -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali melepas kloter satu Embarkasi Medan (MES 01) dari Makkah menuju Jeddah. Ia juga berpesan agar jamaah haji tetap menjaga kemabruran haji.

"Kepada jamaah, saya berpesan agar tetap menjaga dan memelihara kemabruran haji ketika sampai di tanah air," kata Nizar melalui keterangan tertulis yang diterima Republika, Rabu (6/9).

Haji mabrur, menurut Nizar, ditandai dengan adanya perubahan kehidupan yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kebaikan tersebut terlihat dari sisi individual maupun sosial.

Nizar mendoakan jamaah haji Indonesia agar mendapatkan haji mabrur dan balasan surga. Selain itu, ia juga mengajak jamaah untuk mendoakan umat Muslim dunia, khususnya Muslim Rohingya yang sedang menjadi korban kejahatan.

Berdasarkan informasi dari Kemenag, MES 01 menjadi kloter pertama yang akan terbang ke Tanah Air. Seremonial pelepasan digelar di Hotel Rawabi Mina sektor enam (608) wilayah Syisyah, Makkah, pukul 01.00 waktu Arab Saudi (WAS).

"Sebanyak 393 jamaah dilepas dengan pembacaan Basmalah. Mereka dijadwalkan akan terbang dari King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah pada pukul 11.00 WAS dan diperkirakan tiba di Medan pukul 23.35 WIB," ujar Nizar.

Nizar bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan haji 1438 H. Sejak dari tahap pemberangkatan, prosesi puncak haji, hingga pelepasan kloter pertama. Penyelenggaraan haji tahun depan pun akan diupayakan lebih baik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement