Sabtu 09 Sep 2017 15:11 WIB

Dua Juta Orang Shalat Jumat di Masjidil Haram Pascahaji

Dua juta jamaah padati  shalat jumaat pertama pascahaji 2017/1438 H.
Foto: saudigazette.com
Dua juta jamaah padati shalat jumaat pertama pascahaji 2017/1438 H.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sekitar dua juta peziarah haji dan pengunjung memadati Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah untuk menawarkan shalat Jumat pertama pascausainya ibadah haji (8/9).

Semua lantai dan halaman  Masjidil Haram penuh dengan para jamaah shalat. Bahkan barisan shaf mereka tumpah hingga jauh ke luar halaman serta menyesaki jalanan serta teras berbagai gedung yang berdekatan.

Suasana spiritual yang tak tertandingi ini merupaakan acara yang muncul setiap tahunan. Jutaan orang yang usai menunaikan ibadah haji berkumpul di tempat suci Islam yang mencari ridha dan pengampunan dari Allah Yang Mahakuasa.

Seperti dilansir Saudigazette.com, Dalam khutbah Jumatnya, Sheikh Khaled Al-Ghamdi, imam dan khatib Jumat di Masjidil Haram itu pun menekankan penyerahan mutlak kepada Allah dan makna kehadiran sosok Nabi Muhammad SAW merupakan jawaban untuk hadirnya situasi ketenangan dan kegembiraan dalam diri setiap insan.

Di Madinah suasananya pun serupa. Sekitar 155 ribu jamaah shalat Jumat memadati Masjid Nabawi. Imam dan khatib shalat Jumat yang dibangun Rasulullah SAW ini, Sheikh Abdul Mohsen Al-Qassim menyampaikan khotbahnya dengan mengucapkan selamat datang kepada para jamaah yang baru saja  menuntaskan ritual ibadah hajinya. Dia pun mendoakan agar mereka mendapatkan status haji yang mabrur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement