Ahad 17 Sep 2017 21:19 WIB
Sembilan Jam Perjalanan Arab-Indonesia

Ini Tips Nyaman dan Aman di Pesawat Menuju Tanah Air

Tidur di dalam pesawat (Ilustrasi)
Foto: Chinese Kpop Star
Tidur di dalam pesawat (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia secara bertahap kembali ke Tanah Air sejak 6 September lalu. Hingga hari kesebelas, total saudah 178 kloter dengan 72.470 jamaah dan petugas kloter yang sudah kembali ke Indonesia.

Proses pemulangan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah ini akan berlangsung hingga 20 September mendatang. Sementara pemulangan jamaah gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah akan berlangsung dari 20 September hingga 5 Oktober 2017.

Jamaah haji Indonesia diterbangkan dengan dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Perjalanan dari Saudi menuju Indonesia ditempuh sekitar sembilan jam, durasi perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan jamaah saat di pesawat? Penanggung Jawab Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dr Nirwan berbagi tips agar jamaah haji nyaman dan aman di pesawat, yakni sebagai berikut :

1.    Waktu akan take off minta permen ke pramugari dan kunyah agar mulut tetap terbuka waktu perubahan tekanan udara menuju ketinggian. Perbedaan tekanan dengan udara tertutup bagi sebagian orang bisa menyebabkan rasa sakit pada gendang telinga

2.    Buat tempat duduk senyaman mungkin. Bawa barang bawaan secukupnya saja ke kabin pesawat.

3.    Usahakan lakukan gerakan ringan tiap 2 jam duduk, agar tidak kaku dan menghindari resiko DVT (Deep Vein Trombosis) tersumbatnya pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.

4.    Jangan menahan buang air kecil selama penerbangan. Minta tolong ke teman untuk memberi tahu bagaimana cara memakai toilet di pesawat jika tidak tahu.

5.    Disiplin makan setiap jadwal makan yang telah disediakan oleh maskapai. Makanan yang diberikan pramugari, agar langsung dimakan dan dihabiskan,  jangan ditunda-tunda dan tidak dihabiskan.

6.    Gunakan waktu tidur secara cukup dan cermat. Jangan berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

7.    Hindari minuman berkafein, cukup mengkonsumsi air putih, jus buah, dan makanan secukupnya selama di pesawat. Minuman berkafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas.

8.    Gunakan selalu sabuk pengaman selama di dalam pesawat, baik dalam keadaan duduk maupun tidur.

9.    Jangan lupa berdoa untuk keselamatan semua dan ikuti semua arahan awak kabin pesawat

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement